Jika lemari pakaian Anda berukuran kecil, Anda mungkin kebingungan untuk menyusun pakaian dan barang-barang lainnya di dalam ruang yang kecil ini tanpa membuatnya berantakan sehingga tampak seperti kapal pecah saat pintu lemari dibuka. Merapikan lemari pakaian dengan ukuran seberapa pun dimulai dengan memilah-milah barang Anda, tetapi untuk lemari pakaian yang kecil, Anda juga harus kreatif memilah-milah pilihan Anda agar barang-barang dapat tersusun dengan rapi.

Menata Pakaian Efektif (www.peluangproperti.com)
Menata Pakaian Efektif (www.peluangproperti.com)

Hal yang pertama yaitu dengan mengeluarkan dahulu seluruh isi-nya. Kamu harus mulai dengan memilahnya mana yang disimpan, mana yang harus dibuang, dan mana yang harus dipensiunkan. Kalau ingin lemari anda kelihatan lebih rapih, anda memang harus sedikit tega dan berpikir efisien dengan pakaianmu sendiri. Pakaian yang mana kira-kira sudah lebih dari 9 bulan nggak dipakai, saatnya masuk gudang atau berikan kepada orang lain. Setelah kira-kira jumlah pakaian anda sudah sesuai dengan kapasitas lemari, susunlah pakaian dengan cara-cara  efektif berikut ini.

1. Maksimalkan Ruangan

Memaksimalkan Ruang Lemari (www.popeti.com)
Memaksimalkan Ruang Lemari (www.popeti.com)

Setelah anda selesai membersihkan lemari, coba periksa, apakah ada ruangan dalam lemari yang diisi oleh sesuatu yang kurang tepat pada tempatnya. Anda harus pandai mengatur ruang-ruang dalam lemari agar dapat meng-organisir pakaian dengan sempurna.

Rak handuk yang biasanya menempel pada bagian dalam pintu dapat digunakan untuk menyimpan syal anda. Kaitan juga dapat anda maksimalkan untuk menaruh benda-benda berukuran agak kecil yang mudah terselip.

2. Gunakan Gantungan Yang Seragam

Gunakan Gantungan Seragam (www.agenhanger.files.wordpress.com)
Gunakan Gantungan Seragam (www.agenhanger.files.wordpress.com)

Penting untuk diperhatikan, jangan memakai gantungan kawat! Jadi pilih gantungan baju berbahan plastik atau kayu, dan ini haruslah seragam semua. Karena apabila semua pakaian anda tergantung secara sejajar, anda akan lebih teliti dan cepat dalam memilah serta memilih pakaian yang tepat. Pilihan yang terbaik adalah gantungan yang memiliki klip penjepit untuk rok dan celana anda. Namun anda juga dapat membeli klip secara terpisah, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

3. Sesuaikan Kategori

Sesuaikan Kategori (4.bp.blogspot.com)
Sesuaikan Kategori (4.bp.blogspot.com)

Cara satu ini mungkin paling gampang untuk diterapkan. Kamu tinggal tumpukkan sesuai dengan kategorinya, pakaian kerja, pakaian kasual buat bepergian saat weekend, pakaian rumah, sampai pakaian olahraga. Jenis yang paling sering dipakai, bisa kamu taruh di tempat yang paling strategis akan mudah diambil. Pakaian yang jarang atau sesekali dipakai seperti gaun pesta, bisa dirapikan pada bagian paling bawah ataupun paling atas lemari anda.

4. Berdasarkan Warna

Sesuai Warna (cdn.zettamedia.co)
Sesuai Warna (cdn.zettamedia.co)

Susun pakaian berdasarkan warna layaknya di toko. Apa pun kategori pakaiannya, coba tumpuk berdekatan dengan pakaian yang memiliki warna sama, atau pun yang serupa. Jadi akan ada tumpukan pakaian berwarna hitam, putih, biru, dan mungkin bakal ada juga tumpukan warna khusus yang colorful. Percaya deh, cara ini bikin kamu lebih hemat waktu mencari pakaian dan bahkan untuk memilih buat di-mix and match.

5. Sesuai Umur Pembelian

Sesuai Umur Pembelian (az616578.vo.msecnd.net)
Sesuai Umur Pembelian (az616578.vo.msecnd.net)

Ada juga nih yang nyusun lemari pakaiannya berdasarkan umur pembelian atau kepemilikannya. Jadi bagian tengah lemari, untuk pakaian yang baru dan dibeli sampai kurun waktu 6 bulan yang lalu, bagian atas untuk baju-baju yang dibeli sekitar 6-12 bulan yang lampau, sementara bagian bawah buat baju-baju yang udah cukup lama dibeli, tapi masih sering dipakai. Cara ini bisa jadi “warning” juga, buat yang hobi belanja. Semakin penuh bagian tengah, tandanya anda sering kalap mata saat berbelanja.

Demikian Tips Menata Pakaian Yang Efektif Ala Anak Kos. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.