Traveling udah jadi sesuatu hal yang harus kita lakukan. Apalagi kalau kamu merupakan anak kos. Kamu harus bisa menyisihkan tabungan kamu untuk traveling. Setelah melewati berbagai kesibukan yang padat, travelinglah yang menjadi solusinya.

Sebagai anak kos, harapan kamu untuk traveling bisa saja terwujud, bahkan tanpa merepotkan orang tua kok. Kamu hanya perlu berhemat, mengatur dengan baik keuangan kamu. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

1. Pilih Kos Ditempat Strategis

Pilih Kos Ditempat Strategis | https://www.google.co.id/
Pilih Kos Ditempat Strategis | https://www.google.co.id/

Lokasi kos-kosan sangat mempengaruhi kondisi keuangan kamu lho. Sebaiknya kamu memilih tempat kos yang memiliki tempat strategis namun harga yang relevan agar tidak boros di ongkos. Sebisa mungkin, kamu pilih di lokasi yang dekat dengan kampus agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

2. Masak Sendiri atau Cari Warung yang Tepat

Masak Sendiri atau Cari Warung yang Tepat| https://masaksendiriyuk.files.wordpress.com
Masak Sendiri atau Cari Warung yang Tepat| https://masaksendiriyuk.files.wordpress.com

Kalau kamu setiap hari selalu makan di luar, jangan harap kamu bisa minyisikan uang yang sangat banyak. Apabila kamu punya hobi memasak, tidak ada salahnya untuk mencoba memasak sendiri dikos. Jika dihitung-hitung, kamu bisa berhemat juga lho.

Namun kalau misal tidak ada fasilitas dapur / tidak diperbolehkan untuk memasak sendiri, maka mau tidak mau kamu harus membeli makanan di luar. Pilih yang harganya murah tapi juga cukup gizi ya. Kebanyakan anak kos pasti tahu dimana pilihan warung yang tepat bagi anak kos.

3. Jangan Berlebihan Bawa Uang Cash

Jangan Berlebihan Bawa Uang Cash | https://radarlampung.co.id
Jangan Berlebihan Bawa Uang Cash | https://radarlampung.co.id

Telalu banyak membawa uang cash di dompet kamu itu tidak baik lho. Sebaiknya kamu hanya membawa uang cash secukupnya. Jadi, kamu bisa simpan sebagian besar uang bulanan di dalam kartu ATMmu. Membawa dompet yang tebal malah bikin kamu tergoda untuk cepat-cepat menghabiskannya. Nggak mau kan kalo kamu jadi boros gara-gara hal sepele seperti ini?

4. Prioritaskan Kebutuhan Kamu

Prioritaskan Kebutuhan Kamu | https://www.futuready.com
Prioritaskan Kebutuhan Kamu | https://www.futuready.com

Kalu kamu merupakan anak kos, kamu sudah tahu seperti apa skala prioritas kamu. Jadi, kamu harus benar-benar mengatur prioritas kamu dengan bijak ya. Utamakan kebutuhan hidup dan keperluan kuliah kamu. Kamu harus benar-benar dapat membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Ada baiknya juga kamu menyisakan sejumlah uang untuk keperluan mendadak.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Cari Penghasilan Tambahan | http://duitologi.com
Cari Penghasilan Tambahan | http://duitologi.com

Selain berhemat, kamu juga perlu mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua saja, kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk merealisasikan rencana travelingmu kelak. Ada beberapa cara untuk mencari penghasilan tambahan, mulai dari bisnis online sampai menjadi pekerja lepas.

 

Itu dia beberapa tips supaya traveling kamu terwujud. Semoga kamu bisa mewujudkan traveling idamanmu ya..