17 Agustus sudah semakin dekat, dan bangsa ini akan bertambah umurnya menjadi ke-72 setelah teks proklamasi dibacakan oleh sang proklamator tercinta, setelah melalui ratusan tahun penjajahan. Akhirnya dengan atas ijin Tuhan yang maha kuasa dan didorong dengan tekad yang kuat. Bangsa ini berhasil meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 72 tahun silam.

Hari Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 agustus menjadikan momen yang paling penting dalam kalender kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 17 agustus biasanya dilakukan upacara kemerdekaan dalam berbagai lingkup masyarakat, baik di sekolah-sekolah, kantor kedinasan, perusahaan, perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Upacara bendera yang paling ditunggu-tunggu adalah upacara yang dilaksanakan di Istana Negara yang dirangkai dalam sebuah upacara pengibaran maupun penurunan bendera yang dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara langsung ataupun dalam siaran televisi.

Sumber Gambar (cdn.tmpo.co)
Sumber Gambar (cdn.tmpo.co)

Setiap tahunnya, warga negara Indonesia pasti merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya dengan mengadakan lomba 17 Agustus atau yang biasa disebut dengan Lomba Agustusan. Pada 17 Agustus ini, setiap lomba diadakan, sampai lomba yang unik pun juga bisa ditemukan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti ikut berpartisipasi dalam lomba 17 Agustus ini.

Selain bertujuan untuk merayakan, memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia bagi anak kos atau anak rantauan yang jauh dari sanak keluarga, anda dapat memaknai hari kemerdekaan ini dengan salah satu cara yang paling mendasar, yaitu berpartisipasi dalam lomba 17 Agustus yang dilaksanakan di lingkungan kos yang berguna untuk mempererat silaturahmi antar warga di sekitaran kos.

Bahkan, setiap lomba yang diadakan pun juga memiliki makna dan filosofinya masing-masing. Namun, dibalik itu semua, bagaimana sih cara Memaknai HUT Kemerdekaan RI Bagi Anak Kos ? berikut penjelasannya.

  1. Menghibur Diri dan Orang Lain

Sumber Gambar (i.ytimmg.com)
Sumber Gambar (i.ytimmg.com)

Langkah yang utama yaitu anak kos bisa ikut serta dalam kemeriahan dalam perlombaan-perlombaan menjelang 17 agustus. Melihat aksi konyol dan juga aksi para peserta pasti akan menghibur setiap orang. Para peserta yang melakukan hal konyol pasti akan mengocok perut sampai lemas. Hal konyol inilah yang membuat setiap warga bisa melepas tawa dan melepaskan rasa gengsinya. Selain menghibur diri sebagai peserta, lomba 17 Agustus ini juga pasti akan menghibur setiap penontonnya.

2. Sebagai Ajang Interaksi Sosial Dengan Warga

Sumber Gambar (serubareng.net)
Sumber Gambar (serubareng.net)

Seperti yang kita tau, era sekarang ini, teknologi semakin berkembang pesat dan kebanyakan warga Indonesia khususnya anak kos, didominasi oleh warga individual yang telah sibuk dengan gadget-nya masing-masing dan juga sibuk dengan kegiatan pribadinya sehingga rasa solidaritas antar sesama pun berkurang. Maka dari itu, tujuan diadakannya lomba 17 Agustus adalah agar setiap warga masyarakat termasuk anak kos yang berada dalam wilayah tersebut turut berpartisipasi dalam setiap lomba yang diadakan dan melupakan sejenak gadget-nya untuk menonton keseruan lomba dan berinteraksi dengan warga yang lainnya.

3. Sebagai Pelajaran Akan Kerja Keras, Gotong Royong dan Pantang Menyerah

Sumber Gambar (i.ytimg.com)
Sumber Gambar (i.ytimg.com)

Dengan motivasi semangat para pejuang yang telah gugur di medan perang demi kemerdekaan Negara Indonesia, biasanya lomba 17 Agustus mengandung makna pelajaran akan kerja keras, gotong royong dan pantang menyerah serta gigih untuk memenangkan perlombaan.

4. Melepas Rasa Penat

Sumber Gambar (4.bp.blogspot.com)
Sumber Gambar (4.bp.blogspot.com)

Karena tuntutan pekerjaan atau tugas kampus yang menumpuk, terkadang anak kos pasti merasa terbebani dan merasa stres. Dengan adanya lomba 17 Agustus, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk sekedar refreshing membuang rasa penat dan jenuh setelah berlama-lama dihadapkan dengan tugas kerja dan tugas kampus yang menumpuk.

Dari beberapa makna lomba 17 Agustus yang ada, kita juga diajarkan untuk menjadi warga yang memahami perjuangan para pendahulu dan meningkatkan rasa nasionalisme sebagai warga yang baik dan tidak terkikis oleh perkembangan zaman. Demikian artikel Memaknai HUT Kemerdekaan RI Bagi Anak Kos. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. MERDEKA !