Jika kamu akan pergi dari rumah untuk merantau, kuliah atau pun bekerja. Sedangkan di tempat tujuanmu tidak ada saudara sama sekali, mungkin kamu akan berpikir untuk tinggal di rumah kos. Namun sebelumnya kamu perlu tahu jika hidup mandiri dan jauh dari  orang tua itu tidak gampang. Apalagi jika kamu terbiasa di manja. Semuanya serba mudah dan disiapkan.

Benda Wajib di Kamar Kos (www.popazop.com)
Benda Wajib di Kamar Kos (www.popazop.com)

Tinggal di rumah kos itu banyak godaannya, jika tidak kuat iman bisa terjerumus ke pergaulan yang salah dan merugikan dirimu sendiri. Selain itu kamu juga harus tahan banting dan kreatif. Pintar berimprovisasi demi kesejahteraan dirimu sendiri. Misalnya tidak ada kompor, kamu bisa memakai magic com untuk ngerebus bahkan menggoreng lauk.

Itulah mengapa sebelum ngekos ada baiknya kamu tahu beberapa barang yang wajib ada di kamar sewaanmu sekaligus cara menggunakannya. Ini sangat penting, karena kamu akan jauh dari orang tua, apa-apa harus kamu kerjakan sendiri, jika meminta bantuan kepada tetangga kos juga tidak semudah itu. Pasti masih ada rasa segan dan lain sebagainya. Ingin minta bantuan ibu kos, pasti takut diingetin bayar uang sewa. Jadi, dengan memiliki beberapa barang berikut ini kamu sah menjadi penghuni kos sejati. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pendingin Ruangan

Kipas Angin (www.bacaterus.com)
Benda Wajib di Kamar Kos (www.bacaterus.com)

Pendingin ruangan ini bisa kipas angin bisa juga AC. Semuanya memiliki fungsi sama hanya saja beda rasa. Jika kamu cukup tajir, memasang AC di kamar kos adalah hal yang sangat membantu. Karena kenyamananmu yang jadi taruhannya. Saat ini udara semakin memanas, terutama di malam hari. Apalagi jika kamu tinggal di lingkungan kota-kota besar. Jika tidak ada AC kamu bisa beralih ke kipas angin. Kamu tidak inginkan, tidurmu terganggu dan akhirnya bikin tidak betah? Selain itu kipas angin juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kamar kos adalah rumah kedua, kamu tentu berharap akan menemukan kenyamanan yang sama seperti saat berada di rumah. Akan sangat tidak nyaman jika setelah pulang dari aktivitas yang menguras keringatmu, kamu masih harus berada di kamar yang panas seolah sedang berada dalam sauna. Beda lagi jika kelelahan dan keringat yang mengucur disambut dengan ademnya hembusan kipas angin.

2. Heater / Panci Masak Listrik

Sumber Gambar (https://tokoone.com)
Barang Wajib di Kamar Kos  (https://tokoone.com)

Ini adalah senjata pamungkas yang wajib dimiliki oleh anak kos untuk menghadapi rasa lapar yang kadang datang tanpa tahu waktu. Kamu pasti pernah ketika tengah malam terbangun hanya karena merasa lapar. Kamu akan sangat terbantu jika memiliki peralatan masak atau dapur di tempat kos. Namun tak semuanya menyediakan dapur bersama yang bebas kamu gunakan untuk masak. Kalaupun ada kamu masih mikir-mikir karena tidak nyaman dan meragukan kebersihan peralatan masaknya.

Jika tidak ada dapur kamu bisa menggunakan heater atau panci listrik. Dengan menggunakan daya listrik kamu bisa merebus air, menggoreng dan membuat aneka masakan. Selain itu, kamu  juga harus memiliki rice cooker. Alat itu juga nggak hanya bisa dipakai untuk menanak nasi saja, tapi juga memasak sayur dan menggoreng. Sungguh alat yang serbaguna.

3.  Kabel Roll

Sumber Gambar (http://www.popazop.com)
Barang Wajib di Kamar Kos (http://www.popazop.com)

Kebanyakan tempat kos hanya menyediakan satu lubang colokan listrik saja. Padahal ada banyak sekali barang-barang elektronik yang kamu butuhkan. Mulai dari laptop, kipas angin, hingga alat masak. Kamu harusnya memiliki kabel roll untuk memenuhi kebutuhan akan colokan listrik yang bejibun banyaknya itu.

Namun, setelah ada  bukan berarti kamu bebas menggunakan listrik semaumu. Ada sebagian kos yang mematok listrik dengan tarif tersendiri, jadi jika kamu nggak ingin keluar uang banyak hanya untuk membeli listrik, usahakan untuk tidak boros. Gunakan saja seperlunya.

Selain itu masih ada beberapa barang lainnya yang juga wajib kamu miliki jika mengaku sebagai anak kos sejati. Mulai dari meja lipat, setrika hingga foto kenangan bersama orang-orang yang kamu sayangi. Misalnya saja dengan orang tua, barang tersebut akan mengingatkanmu setiap saat tentang tujuanmu merantau dan tinggal di rumah kos.

Demikian artikel Harus Tau ! Benda Wajib Ada Di Kamar Kos, semoga bisa diterapkan dan dapat bermanfaat.