Bagi sebagian besar orang, rokok adalah hal yang sangat dihindari. Tidak hanya menghindari kebiasaan merokok, tetapi juga menghindari aroma ataupun asap rokok. Apalagi di area pribadi anda yang seharusnya dituntut untuk selalu fresh dan tidak tercemar aroma asap rokok. Salah satu yang harus anda rawat adalah ruangan-ruangan di rumah anda. Anda mungkin sudah melarang siapapun yang masuk ke rumah untuk tidak merokok didalam rumah. Namun, terkadang anda juga harus mengingat bahwa orang yang masuk ke dalam rumah anda, mungkin sudah merokok terlebih dahulu diluar rumah. Dan akhirnya aroma rokok akan tetap saja masuk ke dalam rumah.

cara-menghilangkan-bau-asap-rokok
Menghilangkan Bau Rokok di dalam Rumah

Masalahnya bau rokok tak hanya memenuhi ruangan, tapi juga menempel di tirai, karpet, atau sofa dan menetap di sana. Padahal menghirup asap rokok berisiko mengganggu bernapasan dan memicu kelainan jantung pada janin untuk wanita hamil. Lantas bagaimana jika aroma rokok yang sudah masuk ke dalam rumah, ternyata juga menempel di perabotan-perabotan anda?

tips-menghilangkan-asap-rokok
Menghilangkan Bau Rokok di dalam Rumah

Nah, mungkin anda perlu tahu dengan cara untuk menghilangkan asap rokok dan aromanya yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah. Langkah yang utama tentunya adalah membuka akses udara luar, misalnya dengan membuka pintu dan jendela. Jangan lupa untuk menyalakan  kipas angin ke arah luar ruangan sehingga bau asap rokok yang tadinya tertinggal di dalam ruangan akan segera mengalir keluar. Jika bau asap rokok sudah hilang, jangan lupa untuk menutup akses tersebut agar tidak kembali masuk ke dalam ruangan.

menghilangkan-aroma-pesing-di-dalam-kamar-original
Menghilangkan Bau Rokok di dalam Rumah

Selain itu, keluarkan bantalbantal sofa dan karpet di dalam rumah Anda lalu jemur di bawa sinar matahari. Biarkan selama 1-2 jam hingga bau rokok yang tersisa di permukaan benda-benda tersebut hilang. Bersihkan permukaan furnitur yang terpapar asap dengan kain basah, lalu lap kembali dengan kain kering. Untuk beberapa furnitur yang berbahan kain dan tidak bisa Anda keluarkan untuk dijemur, sebaiknya segera hilangkan debunya dengan vacuum. Misalnya, tirai jendela, sofa besar, dan karpet besar yang digunakan sebagai alas furnitur.

Bersihkan juga lampu di ruangan Anda. Pasalnya nyala lampu dapat menyerap asap rokok, sehingga debu dan asap akan menempel di permukaannya. Cara membersihkan lampu juga berbeda-beda dan silahkan disesuaikan dengan jenis lampu di ruangan anda. Misalnya, copot lampu dari tempatnya lalu lap dengan kain kering bersih.

benda-yang-mengancam-kesehatan-paru-original
Menghilangkan Bau Rokok di dalam Rumah

Cara unik yang baik untuk anda coba adalah tuangkan kopi atau teh bubuk ke dalam mangkuk kecil lalu tempatkan di beberapa sudut rumah. Teh dan kopi efektif untuk menyerap bau asap di dalam ruangan. Masukkan pula beberapa tanaman di dalam pot ke dalam rumah agar bau asap cepat terserap. Dan yang terakhir, cuci seluruh kain yang sudah Anda gunakan untuk membersihkan sisa bau asap rokok, dan sapulah lantai rumah Anda untuk mencegah sisa pembakaran rokok yang mungkin tertinggal di lantai.