Para pengusaha muda di beberapa kota besar di Indonesia mulai melirik bidang usaha persewaan kamar kos. Lahan yang mencukupi dan bangunan rumah yang tersedia, tetapi jarang digunakan oleh pemiliknya malah disewakan oleh para pemiliknya, untuk pendatang yang rata-rata pelajar dan mahasiswa. Nah, untuk anda yang berniat untuk berbisnis persewaan kamar kos, ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan, terutama untuk harga kamar kos yang akan anda tawarkan kepada calon penyewa.

Harga sewa kost merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis kost. Karena harga sewa sangat menentukan keputusan calon penyewa dalam menyewa sebuah kost. Harga sewa yang terlalu tinggi tentu akan membuat kost tidak diminati oleh penyewa, demikian pula bila harga sewa kost terlalu rendah, maka keuntungan yang didapatkan oleh pengusaha kost menjadi sedikit, bahkan pengusaha kost berisiko mengalami kerugian. Lantas bagaimanakah cara menentukan harga sewa kost yang tepat agar kost diminati oleh para penghuni kost dan memberikan keuntungan yang maksimal bagi pengusaha kost? Berikut ini beberapa tips dalam menentukan harga sewa kost yang tepat.

kos2
Tips Menentukan Harga Sewa Kamar Kos

Diluar perhitungan yang rumit dengan metode perhitungan yang panjang, sebagai orang awam sebaiknya anda memperhatikan banyak faktor yang mempengaruhi harga persewaan kamar kos tersebut. Ada dua jenis unsur biaya pada bisnis kost, yaitu biaya jangka panjang dan biaya jangka pendek. Biaya jangka panjang merupakan biaya-biaya yang jarang dikeluarkan dan manfaatnya dirasakan untuk jangka waktu yang lama. Biaya jangka panjang meliputi pembangunan rumah kost, renovasi rumah kost, pembelian furnitur (spring bed, meja, kursi, lemari, dll) dan peralatan elektronik (AC, pemanas air, televisi, kulkas, dll). Biaya jangka panjang jangan langsung diperhitungkan pada harga sewa dalam satu tahun, namun diperhitungkan sesuai dengan masa pakainya. Misalnya renovasi rumah kost dilakukan setiap 5 tahun, maka biaya renovasi diperhitungkan untuk jangka waktu 5 tahun.

kos1
Tips Menentukan Harga Sewa Kamar Kos

Sementara itu, biaya jangka pendek lebih bersifat rutin untuk operasional kost, seperti air, listrik, gaji satpam dan pembantu. Biaya-biaya ini diperhitungkan dalam harga sewa kost setiap bulannya. Semakin banyak fasilitas yang Anda tawarkan dan semakin banyak orang yang menghuni rumah kost, tentu semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya-biaya rutin tersebut.

Selain biaya-biaya diatas, biaya penyewaan kamar kos juga dipengaruhi oleh fasilitas-fasilitas yang anda sediakan untuk masing-masing kamar. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, semakin besar biaya rutin yang harus Anda bayar, sehingga adalah wajar bila harga sewa kamar kost menjadi lebih mahal. Beberapa fasilitas yang umumnya ditawarkan adalah AC, kamar mandi dalam, pemanas air, internet, televisi berlangganan, layanan cuci setrika dan lahan parkir. Dalam sebuah rumah kost, belum tentu setiap kamar memiliki fasilitas yang sama, sehingga harga sewa antara kamar yang satu dengan kamar yang lain juga berbeda-beda.

kos4
Tips Menentukan Harga Sewa Kamar Kos

Lokasi kost yang anda miliki ternyata juga sangat mempengaruhi harga sewa kost. Kost yang berada di lokasi strategis seperti di tepi jalan raya dan di depan kampus harga sewanya jauh lebih mahal dibanding harga sewa kost yang terletak di dalam gang yang jauh dari jalan raya atau kampus. Hal ini berkaitan erat dengan hukum permintaan dan penawaran. Semakin strategis lokasi kost, semakin banyak orang yang ingin menyewa kost tersebut. Dan terakhir, anda juga wajib melakukan survey dan perbandingan harga kost yang akan anda tawarkan, dengan harga sewa kost yang sudah lebih dulu ditawarkan oleh tetangga-tetangga anda. Anak kost sangat sensitif mengenai masalah harga sewa kost. Bila tetangga Anda menawarkan harga sewa yang lebih murah dengan fasilitas yang lebih lengkap, besar kemungkinan orang-orang yang menghuni kost Anda akan pindah ke kost tetangga. Oleh karena itu, pastikan harga sewa yang Anda tawarkan tidak terpaut jauh dengan kost tetangga Anda.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai pedoman untuk menentukan harga sewa kamar kost yang akan anda sewakan. Semoga bermanfaat