Bagi mahasiswa baru tentu mencari tempat kos menjadi langkah awal yang akan mempengaruhi kehidupan kamu kedepannya. Momen mencari kos ini harus benar-benar kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai sebagai mahasiwa baru kamu malah menyesal dan tidak puas atas kamar kos yang sudah kamu pilih.

Agar kamu tidak bingung menentukan kos-kosan yang mana yang akan kamu tinggali sebagai tempat istirahat kamu nantinya, kamu wajib melakukan beberapa hal ini agar kos yang kamu pilih bisa benar-benar cocok, sesuai, dan nyaman untuk ditinggali.

1. Lokasi Strategis

Lokasi Strategis
Sumber Gambar: cari-rumah.com

Yang pertama, kamu harus memilih lokasi yang benar-benar strategis. Terutama jika kamu tidak dibekali kendaraan bermotor. Ada baiknya kamu memilih kos-kosan yang dekat dengan kampus. Selain menghemat ongkos, kamu juga dapat menghemat waktu. Selain jarak kos ke kampus, kamu juga perlu melakukan riset ke tempat-tempat penting lainnya yang akan sering kamu kunjungi di kemudian hari. Misalnya dekat dengan lokasi-lokasi berikut; Warung Makan, Toko, Minimarket, atau Apotek. Hal ini juga harus kamu jadikan pertimbangan saat memilih tempat kos .

2. Kos Aman
Kamu pasti tidak ingin kan kos yang kamu tempati merupakan kos yang tidak aman. Kos yang ngga aman juga bukin kamu tambah ngga nyaman. Pastikan kos yang kamu tinggali nantinya merupakan lokasi yang cukup aman. Meskipun kamu tinggal di kos yang aman. Kamu juga harus tetap waspada ya. Kamu bisa melakukan beberapa hal kecil untuk menambah keamanan kamar kosmu. Misalnya membiasakan mengunci kamar kos, menyimpan barang-barang berharga tidak di sembarang tempat, dan lain-lainnya.

3. Survei Harga
Sebagai Mahasiswa baru, kamu harus pintar-pintar mengatur perputaran uang kamu. Jangan sampai kamu tertipu oleh tempat kos yang mengecewakan dengan harga yang mencengangkan. Sebagai anak kos, nantinya kamu harus benar-benar mengatur budget yang terbatas. Melakukan survei harga merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Kamar kos yang baik namun ekonomis pasti menjadi rebutan bagi banyak mahasiswa baru, jadi kamu perlu bersaing apabila menginginkannya. Pastikan juga metode pembayaran dibahas secara mendetail dan terperinci. Apakah dibayar bulanan, per tiga bulan, per semester, atau per tahun?

4. Dapatkan Informasi Lengkap

Cari Informasi
Sumber Gambar: pixabay.com

Sebagai mahasiwa baru yang awam tentang kos-kosan kamu harus mendapatkan informasi yang lengkap tentang kos-kosan yang ingin kamu tinggali. Jangan malu untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tempat kos incaranmu. Kamu perlu menanyakan bagaimana harga kosan, apakah sudah termasuk air dan listrik misalnya. Kamu juga perlu menanyakan bagaimana peraturan jam malam di kos kamu, jangan sampai menyesal karena memilih kamar kos yang tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itu dia tips mencari kosan bagi mahasiwa baru. Jangan sampai salah pilih tempat kos ya! Simak juga artikel mengenai kos yang lainnya.