Sebagai anak kuliahan ataupun anak sekolahan yang tinggal di sebuah kamar kost, sudah pasti kita ingin memiliki tempat tinggal yang rapi dan nyaman. Tetapi nyatanya, banyak ditemui kamar kost yang berantakan. Di tambah lagi sebagai anak kuliah atau anak sekolah, tentu saja kita akan jarang berada di kost. Banyak waktu kita yang kita gunakan untuk berada di kampus ataupun sekolah. Hal ini menyebabkan kita hanya akan memiliki sedikit waktu untuk merapikan kamar kost kita.

Tips Menata Kamar Kost Agar Nyaman dan Rapi
Tips Menata Kamar Kost Agar Nyaman dan Rapi

Perlu diketahui juga bahwa kondisi kamar kost yang nyaman dan rapi dapat mempengaruhi mood kita. Mulai dari semangat untuk beraktifitas, sampai dengan kenyamanan saat kita belajar, dan lain sebagainya. Karena kondisi kamar kost sangat mempengaruhi kondisi mood kita, ada baiknya kita menata kamar kost agar tetap nyaman dan rapi. Bagaimana caranya?? Mari kita simak 5 Tips di bawah ini.

  1. Sesuaikan Posisi Perabotan di Dalam Kamar

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah posisi barang yang kita miliki. Kita harus menatanya sedemikian rupa agar terlihat rapi dan tidak memakan banyak tempat. Kita harus bias mengatur perabotan kita agar enak di pandang dan kamar jadi terlihat luas. Sehingga kita nyaman saat menggunakan kamar kita, serta kita juga tidak perlu bingung mencari sesuatu karena kita sudah menempatkan segala hal pada tempatnya.

 

  1. Pisahkan Barang yang Sering di Pakai dan Jarang Dipakai

Hal kedua yang perlu di perhatikan adalah memisahkan barang yang sering dan jarang kita pakai. Kumpulkan barang yang jarang di pakai pada suatu tempat. Apalagi jika barang tersebut memang sudah benar-benar jarang atau mungkin tidak kita pakai lagi. Ada baiknya kita memasukan barang tersebut ke dalam kardus agar terlihat lebih rapi dan tidak merusak pemandangan. Begitu juga dengan kabel-kabel yang berantakan seperti kabel laptop dan charger Handphone, karena banyak ditemukan charger dan kabel-kabel yang berantakan di dalam kamar kost.

 

  1. Warna Cat Dinding

Walaupun kita hanya menempati kamar kost selama beberapa tahun saja atau bahkan hanya beberapa bulan saja, tidak ada salahnya jika kita mengganti warna cat dinding kamar kita. Kamar kost kita adalah milik kita, dan kita berhak untuk mendekorasi kamar tersebut sesuka kita agar kita dapat merasa nyaman untuk tinggal disitu. Jika kita merasa warna cat dinding kamar kost kita tidak sesuai dengan keinginan kita, kita dapat menggantinya dengan warna favorit kita.

 

  1. Manfaatkan Ruang Dinding Kosong

Kita juga dapat memanfaatkan dinding kamar kost kita yang masih kosong untuk meletakkan barang-barang kecil kita. Misalnya, kita dapat menyimpat rak gantung kecil di dinding yang masih kosong. Di dalam rak gantung itu, kita dapat meletakkan barang-barang kecil kita disana sehingga tidak terlalu memakan tempat dan terlihat lebih rapi. Tetapi jangan menggantung pakaian di dinding, karena hal tersebut dapat merusak pemandangan dan menghilangkan kesan rapi yang ingin kita ciptakan. Gantungkan baju di belakang pintu atau di dalam kamar mandi. Untuk dinding kosong yang lainnya, kita dapat memasang beberapa poster yang menurut kita bagus, tetapi jangan terlalu banyak juga ya posternya.

 

  1. Jaga Kebersihan Kamar

Setelah kamar kita bersih dan rapi, maka kamar kita sudah nyaman untuk ditinggali. Sekarang kita hanya perlu untuk menjaga kebersihan kamar kost kita. Bagaimana caranya?? Siapkan waktu beberapa menit untuk selalu menyapu kamar kita pada pagi dan sore hari. Jangan lupa juga untuk membuka jendela kamar di pagi hari agar sirkulasi udara di dalam kamar kita tetap terjaga. Lalu jangan lupa pula untuk membersihkan kamar mandi. Atau jika perlu, kita dapat menambahkan pengharum ruangan di dalam kamar kost kita agar ketika kita masuk ke dalam kamar, kita dapat mencium aroma segar dan membuat kita nyaman untuk berlama-lama di dalam kamar kost.

Tips Menata Kamar Kost Agar Nyaman dan Rapi
Tips Menata Kamar Kost Agar Nyaman dan Rapi

 

Nah, itulah Tips Menata Kamar Kost agar Nyaman dan Rapi yang dapat kita terapkan jika kamar kost kita berantakan. Dengan membiasakan hidup rapi, maka kenyamanan dalam hidup kita akan datang dengan sendirinya. Berhentilah bermalas-malasan. Sempatkan diri kita untuk menata kamar kost kita karena seperti yang telah di sampaikan sebelumnya. Kenyamanan dan kerapian kamar kita, akan dapat mempengaruhi mood kita sendiri. Semoga Bermanfaat.