Rumah Kost atau kost-kostan tentu saja tidak hanya untuk mahasiswa saja, tetapi juga banyak karyawan yang tinggal di rumah kost. Apalagi mereka yang datang dari kota jauh. Hal yang sering menjadi kendala ketika mencari rumah kost adalah saat dimana kita tidak memiliki kedaraan. Jadi mau tidak mau kita harus mencari rumah kost yang dekat dengan tempat kerja kita.

Mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah jika tempat kerja kita ada di tengah kota yang ramai, tetapi bagaimana jika kita bekerja di sebuah pabrik yang terletak di pinggiran kota? Tentu saja hal ini akan menjadi masalah sendiri untuk diri kita. Disini kita akan membahas tentang bagaimana cara memilih rumah kost yang cocok untuk karyawan yang merantau.

 1. Dekat dengan Penjual Makanan

Penjual Makanan | https://www.sepulsa.com/blog/8-pahlawan-yang-sering-kamu-temui-tapi-gak-kamu-sangka
Penjual Makanan | https://www.sepulsa.com

Saat hidup sebagai perantau, tentu saja hal utama yang harus kita perhatikan adalah kondisi kesehatan kita. Dan untuk memenuhi itu, kita harus makan dengan teratur. Karena dengan makan teratur, kita bisa meminimalisir kemungkinan kita jatuh sakit.

Mengapa harus dekat dengan penjual makanan? Karena jika kita sudah sampai kost, yang kita rasakan adalah lelah dan sudah malas keluar jauh untuk mencari makan yang akhirnya kita akan langsung tidur. Tidak lama setelah itu kita akan sakit karena pola makan kita yang tidak teratur. Dengan memilih rumah kost yang dekat dengan penjual makanan, kita bisa mengatur pola makan kita walaupun kita lelah. Tetapi juga tetap ingat kebersihan makanan yang akan dimakan ya!

 2. Sesuai dengan Gaji

Sesuai dengan Gaji | https://bimbinganislam.com
Sesuai dengan Gaji | https://bimbinganislam.com

Pilihlah rumah kost yang sesuai dengan budget kemampuan kita. Jangan terlalu mahal dan melampaui kemampuan kita, yang penting kita bisa merasa nyaman saat istirahat dan mempunyai lingkungan yang bersih. Dengan budget yang sesuai, kita bisa membagi gaji untuk biaya kost, makan sehari-hari, transport, biaya hiburan dan mungkin bisa juga untuk menabung. Dengan begitu kita bisa hidup dengan aman walaupun tidak berada di kota kita sendiri.

 3. Searah dengan Rekan Kerja

Searah dengan Rekan Kerja | http://www.qerja.com/journal
Searah dengan Rekan Kerja | http://www.qerja.com/journal

Mencari rumah kost yang memiliki akses transportasi yang strategis memang bukan hal yang mudah, karena itulah kita bisa mengandalkan orang lain yang bisa saja menjadi alternatif solusi transportasi. Apakah itu? Itu adalah Rekan Kerja yang tinggal searah dengan rumah kost kita. Selama kita masih belum memiliki alat transportasi sendiri, tidak ada salahnya jika kita menebeng dengan rekan kerja kita untuk ke kantor. Tetapi ingat juga tentang networking dan bangunlah simbiosis mutualisme. Misalnya dengan sesekali mentraktir makan atau sekedar jalan-jalan bersama.

 4. Penghuni yang Baik

Penghuni Yang Baik | https://img.okezone.com
Penghuni Yang Baik | https://img.okezone.com

Penghuni kost atau bisa dibilang tetangga kamar kita akan menjadi poin penting dalam memilih sebuah rumah kost. Baik dalam artian bukan suka menolong atau lainnya, tetapi lebih ke tidak “rese” dan tidak berisik. Sepulang kerja tentu saja kita ingin istirahat di suasana yang tenang dan nyaman. Tentu saja hal ini tidak akan bisa kita dapatkan jika tetangga kamar kita rese atau berisik. Jadi, cermati juga orang-orang yang sudah terlebih dahulu menghuni kost sebelum kita memutuskan untuk tinggal atau tidak.

Kurang lebih seperti itulah artikel kali ini. Atau mungkin ada tambahan tips lain yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar ya!