Jauh dari keluarga, pergi ke lingkungan baru yang sebelumnya belum pernah di kunjungi dan menetap untuk beberapa waktu yang lama menjadi hal yang cukup menguras energi, khususnya bagi mahasiswa baru yang memilih merantau ke luar kota. Memikirkan bagaimana hidup diperantauan seperti harus mandiri karena jauh dari keluarga, harus mencari tempat tinggal, mencari teman baru, bagaimana cara beraktifitas dan beradaptasi di lingkungan yang baru, hal-hal tersebut mengharuskan mahasiswa perantau belajar agar memiliki mental yang kuat dan mandiri untuk melangsungkan hidupnya. Mencari tempat tinggal baru yang nyaman untuk ditempati dalam jangka waktu panjang menjadi hal pokok yang harus disiapkan. Biasanya mahasiswa rantau menyebutnya kos-kosan. Kos-kosan ini menjadi trend bagi mahasiswa rantau maupun masyarakat lokal, bahkan banyak masyarakat yang tinggal di kawasan kampus memanfaatkan peluang tersebut sebagai penambah penghasilan dengan cara membangun kos-kosan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan mulai dari yang mewah hingga terjangkau.

Dalam artikel ini akan disampaikan beberapa tips memilih kos-kosan bagi mahasiswa yang baru merantau yang mungkin bisa dipertimbangkan saat memilih kos-kosan.

1. Sesuai dengan budget

Carilah harga kost yang sesuai dengan budget teman-teman. Terlebih lagi sebagai mahasiswa rantau yang belum bekerja, tentu kita hanya mengandalkan kiriman dari orang tua dan kita juga harus mengatur keuangan agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau
Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau | sumber: pexels.com

2. Lokasi yang strategis

Pilihlah kos-kosan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, agar teman-teman dapat lebih mudah memperoleh apa yang dibutuhkan. Apalagi jika tidak memiliki kendaraan di perantauan, sebaiknya mencari kost yang dekat dengan kampus.

3. Fasilitas yang disediakan

Memperhatikan fasilitas yang disedikan juga menjadi hal yang penting. Teman-teman bisa bandingkan apakah harga kos sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Biasanya ada kost-kostan yang menyedikan kamar beserta isinya seperti kasur, lemari , meja belajar tetapi ada juga yang hanya kosongan. Adanya listrik dan air yang cukup serta kamar mandi yang bersih juga hal penting yang harus teman-teman perhatikan. Jika kos-kosan menyedikan dapur umum, itu akan lebih baik karena teman-teman bisa menghemat biaya makan.

Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau | sumber: pexels.com
Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau | sumber: pexels.com

4. Peraturan dan pemilik kos

Peraturan kos juga menjadi bahan pertimbangan saat memilih kos-kosan agar segala kegiatan berjalan lancar. Ada beberapa kos yang memiliki jam malam, teruntuk teman-teman yang mungkin memiliki kegiatan yang mengharuskan pulang malam sebaiknya memilih kos-kosan yang tidak ada jam malamnya. Teman-teman juga sebaiknya memilih kos-kosan yang sesuai dengan jenis kelamin, tidak gabung antara laki-laki dan perempuan agar teman-teman nyaman ketika beraktifitas di lingkungan kos. Selain itu pintar-pintarlah menjalin hubungan baik dengan pemilik kos agar ketika terjadi sesuatu berkaitan dengan lingkungan kos atau teman-teman mengalami kesusahan, pemilik kos bisa menjadi alternatif pertama untuk teman-teman meminta bantuan.

5. Lingkungan kos

Pilihlah kos-kosan yang bersih, rapi dan nyaman, karena bersih atau tidaknya lingkungan kos teman-teman bisa mempengaruhi mood teman-teman ketika berada di kos. Tentu teman-teman tidak nyaman bukan melihat lingkungan kos yang berantakan. Perhatikan juga lingkungan di luar kos apakah aman dan sekiranya teman-teman sanggup tidak beradaptasi di kawasan seperti itu.

Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau | sumber: pexels.com
Tips Memilih Kos-Kosan Bagi Mahasiswa yang Baru Merantau | sumber: pexels.com

Demikian lah tips-tips yang bisa menjadi pertimbangan teman-teman mahasiswa rantau ketika ingin mencari kos-kosan yang sesuai dengan harapan. Kos teman-teman akan menjadi rumah kedua, jadi pilihlah tempat yang sekiranya membuat teman-teman betah berlama-lama disana dan nyaman serta jangan lupa bersosialisasi dengan orang-orang kamar sebelah, karena ini kesempatan bagus bagi teman-teman untuk menambah relasi dan mengenal karakter-karakter orang dari berbagai daerah.