Ketika anda tinggal di perumahan, anda akan mendapati lingkungan rumah anda yang serupa, terlihat rapi dari kejauhan. Kesamaan tersebut bisa dilihat pada model teras, model pintu, sampai dengan model atap dari setiap rumah. Atap rumah adalah bagian yang sangat penting dari konstruksi sebuah rumah. Peranan penting dari atap adalah untuk menjaga rumah dari panas dan hujan. Salah satu peranan pentingnya adalah sebagai penahan air hujan ketika hujan turun, dan juga melindungi rumah dari terik matahari yang bersinar pada siang hari. Bentuk rumah dan bagus tidaknya bangunan anda bisa dilihat dari bentuk atap yang digunakan dari rumah tersebut. Dengan peranan yang sangat vital tersebut, atap rumah sangat perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah rumah.

atap4

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah pertimbangan mengenai cuaca. Cuaca merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap konstruksi atap pada rumah anda. Oleh sebab itu anda diminta untuk benar – benar jeli dalam mempertimbangkan faktor cuaca di kawasan yang akan anda dirikan rumah. Contoh kecilnya, misalkan anda tinggal di lokasi yang sering dilanda angin yang kecang, maka anda sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan atap yang terbuat dari seng. Hal ini dikarenakan bahan seng sendiri sangat sensitif terhadap angin dan mudah untuk diterbangkan oleh angin. Sementara bahan atap yang cocok untuk wilayah yang memiliki cuaca ekstrem adalah terbuat dari beton yang memiliki kualitas yang tahan lama dari cuaca ekstrem.

atap1

Selain tentang cuaca, Instalasi atap yang anda desain untuk atap rumah anda terkadang memiliki bahan yang mudah untuk dipasang, dan terkadang juga sangat susah untuk dipasang. Oleh sebab itu anda diminta untuk memperhatikan dengan benar – benar tentang bahan apa yang cocok untuk instalasi atap anda. Seharusnya ada mempertimbangkan sampai ke aspek kemudahan dan juga kecepatan installasi atau pemasangannya. Anda juga sebaiknya memperhatikan ketebalan atap yang akan digunakan. Semakin tebal ukuran atap tersebut semakin tahan lama kualitas keawetannya. Namun ada juga bahan atap yang tidak terlalu tebal namun tetap tahan lama. Dengan memperhatikan kondisi rumah yang anda bangun, anda dapat memilih ketebalan atap yang sesuai dengan rumah anda.

atap2

Selanjutnya, dalam membangun atap rumah yang sesuai anda juga harus mempertimbangkan harga bahan atap tersebut. Anda harus jeli dalam memilih bahan yang tidak terlalu mahal namun kualitasnya cenderung tahan lama. Hal ini dimaksudkan agar menghemat pengeluaran anda dalam membangun rumah. Sebelum memilih atap, anda juga harus memantabkan kerangka atap rumah anda.Struktur penyangga atap rumah harus dapat bertahan lama dari kikisan air hujan dan panasnya matahari. Selain itu harus kokoh dalam menopang atap rumah anda. Untuk itu anda dapat memilih bahan yang berat seperti semen pada struktur penyangga atap tersebut.

atap3

Adapun mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk membuat atap rumah, disekeliling kita sudah mulai banyak bermunculan jenis atap yang dijual dengan bebas dipasaran. Tentunya dengan kualitas dan juga harga yang berragam. Oleh sebab itu, anda harus sangat jeli memilihnya. Beberapa bahan atap yang sudah cukup terkenal adalah atap sirap, atap rumbia yang berbahan daun, atap PVC, dan atap beton bertulang. Atap yang sesuai tidak selamannya harus simetris dan terlihat rapi. Ternyata ada banyak bentuk atap yang sembarangan tetapi malah terlihat bagus. Contohnya ada yang tinggi sebelah, ada yang sedikit rendah. Ada yang panjang kedepan dan kebelakang tidak sama. Model atap ini didesain dari kuda-kuda, wuwungan dari kayu, aluminium foil, talang dan juga laping tile. Kesemua unsur tersebut dapat menciptakan sebuah atap rumah yang sempurna