Pada jaman sekarang ini, sudah banyak sekali bertebaran rumah minimalis yang menggunakan 1 lantai maupun 2 laintai. Masyarakat pun tidak harus membayar jasa seorang arsitek untuk membangun sebuah rumah idaman mereka. Karena hanya dengan mencari referensi di internet ataupun di majalah properti, desain-desain rumah minimalis sudah bisa dengan mudah di dapatkan. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi biaya pembangunan rumah anda. Di tambah lagi anda dapat menambahkan ide-ide kreatif anda sendiri saat membangun rumah idaman anda.

Tips Membangun Rumah Minimalis
Tips Membangun Rumah Minimalis

Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki anggota keluarga yang cukup besar, mungkin rumah minimalis 2 lantai adalah pilihan yang cocok untuk anda. Karena keterbatasan lahan yang pasti akan menyulitkan anda membuat beberapa ruangan di satu lantai, mau tidak mau anda harus membuat lantai tambahan di bagian atas. Dengan begitu, anda dapat membuat ruangan tambahan di lantai 2. Sehingga rumah anda dapat dihuni oleh lebih banyak orang dan tentu saja nyaman untuk ditinggali.

Model Rumah Minimalis 1 Lantai

Bagi keluarga kecil yang misalnya hanya memiliki 2 anak, mungkin model rumah minimalis 1 lantai akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik dan mengesankan untuk anda. Karena dengan hanya adanya 1 lantai di dalam rumah, anda dapat berkumpul lebih sering dengan anggota keluarga lainnya secara intens. Anda juga tidak perlu mengeluarkan suara tinggi untuk memanggil anggota keluarga anda. Untuk anak-anak pun anda juga sudah mengurangi resiko terjatuh dari tangga karena rumah anda memang tidak memiliki tangga. Di tambah lagi anda juga akan menjadi lebih mudah untuk membersikan setiap sudut rungan di rumah anda tanpa memerlukan bantuan seorang pembantu rumah tangga.

Rumah Minimalis
Rumah Minimalis

Ide Model Rumah Minimalis

Pada dasarnya, rumah minimalis tidak harus selalu memiliki kesan mewah, anda juga bisa mengeluarkan kesan sederhana pada rumah minimalis. Hal itu terbukti dengan beberapa model desain rumah minimalis yang banyak beredar di dunia maya. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat anda ingin membangun rumah minimalis yang sederhana?? Simak beberapa point pada artikel ini.

1. Penataan Ruangan

Kesan rapi pada setiap sudut ruangan harus ada di dalam rumah anda. Maka dari itu, anda harus mengatur penataan setiap ruangan di dalam rumah anda. Biasakan kepada seluruh anggota keluarga untuk menjaga kerapian dan kebersihan rumah. Dengan begitu, rumah anda akan tetap terlihat rapi dan minimalis serta sederhana.

2. Bentuk Atap

Berbeda dengan model rumah minimalis 2 lantai yang memiliki kesan mewah, atap rumah yang sederhana biasanya memiliki bentuk yang jauh lebih landai. Bila biasanya anda melihat rumah minimalis memiliki atap yang runcing dengan garis yang tegas, hal tersebut tidak akan terlihat pada konsep rumah sederhana.

3. Penempatan Sekat

Untuk model rumah minimalis 1 lantai yang sederhana, ada baiknya anda memperhatikan sekat di setiap ruangan anda. Dengan adanya sekat di dalam rumah anda, dapat memberikan ketegasan pembagian ruangan di dalam rumah. Sehingga anda dapat menyesuaikan fungsi masing-masing ruangan secara bijak tanpa menjadikan 1 ruangan untuk digunakan sebagai ruang serba guna.

4. Garis Horizontal dan Vertikal

Setiap garis yang ada di dalam rumah tentunya memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Begitu pula dengan konsep rumah sederhana. Ada baiknya anda memberikan banyak garis horizontal maupun vertikal untuk menghiasi dinding rumah anda. Dengan begitu anda dapat menemukan garis yang lebih jelas dan tegas di setiap sisi rumah anda.

5. Ukuran Jendela

Untuk ukuran jendela rumah minimalis yang sederhana, umumnya masih sama seperti rumah-rumah yang telah di bangun sejak dulu. Ya, ukuran jendela yang lebih besar pasti akan dipilih untuk memberikan jalan bagi udara segar masuk ke dalam rumah anda.

Demikianlah artikel Tips Membangun Rumah Minimalis ini. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda membangun rumah minimalis ideal anda.