Tuntutan pendidikan dan pekerjaan seringkali memaksa kita untuk keluar dari tanah kelahiran, atau dengan kata lain merantau ke kota lain. Di kota baru tersebut, kita perlu membiasakan diri dan beradaptasi. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dan pendidikan, hingga makanan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu benar-benar mempertimbangkan tentang kebersihan dan kandungan gizi, serta tingkat higienitas maupun lingkungan sekitar kamar kos.

Sumber Gambar (rumahbagusminimalis.com)
Sumber Gambar (rumahbagusminimalis.com)

Di perantauan tentu saja kita akan tinggal di sebuah kos, karena kita akan tinggal dengan orang lain yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Banyak macam rumah sewa yang ada, yaitu misalnya kos khusus putri, kost putra, dan lain sebagainya. Tinggal di kos, bukan berarti Anda tidak dapat menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan. Anda dapat memilih kos yang bersih, sirkulasi udara dan ventilasi jendela yang lancar, cukup cahaya yang masuk (tidak terlalu gelap dan pengap), serta lebih teliti dalam membeli makanan.

Pemilihan kos adalah hal utama dalam menentukan lingkungan sehat untuk anak kos. Jika sejak awal Anda sudah salah memilih kos, maka untuk seterusnya Anda akan kesulitan dalam menerapkan tahapan-tahapan kebersihan dan cara hidup sehat selama di kos. Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih kos yang baik untuk menerapkan lingkungan sehat bagi anak kost:

  • Sirkulasi Udara yang Lancar

    Sumber Gambar (http://1.bp.blogspot.com)
    Sumber Gambar (http://1.bp.blogspot.com)

    Usahakan untuk memilih kos atau kamar kos yang memiliki sirkulasi udara yang lancar, ventilasi lebar atau besar, serta jendela yang terbuka dengan aliran angin dan udara yang lancar. Keadaan kamar kos yang pengap adalah kos yang tidak sehat.

  • Pastikan Ada Cahaya Masuk

    Sumber Gambar (http://desaininterior.me)
    Sumber Gambar (http://desaininterior.me)

    Pilih kamar kos yang terang, yaitu terdapat jendela besar dimana sinar matahari bisa masuk, atau setidaknya kamar kos Anda banyak mendapatkan cahaya. Hal ini lebih baik daripada kamar kos yang gelap dan tidak memiliki jendela yang memungkinkan sinar maatahari masuk. Kamar Anda akan lebih lembab dan pengap, jamur juga akan lebih mudah tumbuh subur dalam kamar kos Anda jika tidak ada cahaya yang masuk.

  • Perhatikan Air dan Listrik.

    Sumbe Gambar (https://pancaprima.files.wordpress.com)
    Sumbe Gambar (https://pancaprima.files.wordpress.com)

    Kos setidaknya harus memiliki dua sumber air, yaitu dari pompa air yang berasal dari sumur, serta air dari PDAM. Hal ini untuk mencegah ketika salah satu sumber air mati, Anda masih dapat menggunakan air. Namun tetap pergunakanlah air secara bijaksana dan tidak perlu berlebihan. Pantau juga aliran listrik dalam kamar kos Anda. Selalu matikan lampu jika tidak diperlukan, cabut semua peralatan elektronik ketika Anda sedang meninggalkan kamar kos atau ketika tidak sedang Anda pakai.

  • Tempat Cuci dan Jemur Pakaian.

    Sumber Gambar (http://1.bp.blogspot.com)
    Sumber Gambar (http://1.bp.blogspot.com)

    Pilih tempat kos yang menyediakan tempat cuci dan jemur pakaian yang terpisah dan terbuka, serta cukup sinar matahari. Tempat kos yang menyediakan tempat cuci dan jemur baju jauh dari kamar kos adalah yang terbaik. Hal ini dapat meminimalisir jumlah nyamuk penyebab penyakit.

  • Pembuangan Air dan Sampah.

    Sumber Gambar (http://www.peluangproperti.com)
    Sumber Gambar (http://www.peluangproperti.com)

    Pastikan tempat kos Anda memiliki saluran pembuangan air yang jelas dan bersih, tidak menggenang sehingga menimbulkan bau dan kuman bakteri. Pastikan juga dengan sistem pembuangan sampah tersebut, apakah sudah sesuai sehingga dapat bersih atau masih kurang. Pilih tempat kos yang bersih, ada tempat sampah secara terpisah di uar rumah, serta tempat penampuangan sampah tersebut tidak menumpuk sampah terlalu lama sehingga menimbulkan bau dan kuman penyakit.

Demikian Tips Lingkungan Sehat Untuk Anak Kos, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi setiap orang.