Tempat tidur adalah salah satu tempat yang paling sering kita jamah. Saat sedang santai di kamar kos ataupun mengistirahatkan total seluruh tubuh, sebagian besar dari Anda pasti melakukannya di tempat tidur. Untuk itulah, tempat tidur kita sudah selayaknya menjadi tempat bersih.

Saat tidur, Anda meninggalkan kulit-kulit mati di bantal ataupun sprei tempat tidur. Begitupun mungkin dengan bekas air liur dan keringat. Hal ini tentu menjadi tempat favorit para kuman dan bakteri berkembang.

Pada akhirnya, jika kebersihan tempat tidur tidak terjaga, masalah alergi sampai dengan kesehatan akan menghampiri Anda nantinya. Jadi mulai sekarang, jangan malas lagi untuk membersihkan tempat tidur dan mengganti perlengkapan tidur Anda seperti selimut, bantal dan juga sprei.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan tempat tidur Anda di Kamar Kos :

 

Frekuensi

Sumber Gambar (www.peluangproperti.com)
Sumber Gambar (www.peluangproperti.com)

Jika Anda sering melakukan aktivitas di tempat tidur, maka Anda wajib membersihkan dengan rajin tempat tidur Anda. Ganti sprei Anda setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya.

Sprei tentu menguasai seluruh area di tempat tidur sehingga benda satu ini adalah yang paling banyak menjadi sarang kuman. Anda tentu tidak mau jika sprei Anda menjadi sarang penyakit untuk Anda sendiri nantinya bukan? Jika Anda malas mencucinya sendiri, mulailah berlangganan jasa laundry yang banyak di sekeliling lingkungan tempat tinggal Anda.

 

Mencuci dengan Benar

Sumber Gambar (1.bp.blogspot.com)
Sumber Gambar (1.bp.blogspot.com)

Jika Anda memilih untuk mencuci sendiri sprei, sarung bantal ataupun selimut Anda maka cucilah dengan cara yang benar dan tidak asal-asalan. Selain akan merusak kualitas peralatan tidur Anda, tentunya sprei, sarung bantal dan selimut Anda juga tidak akan bersih.

Gunakanlah air hangat untuk membersihkannya dibanding menggunakan air dingin atau air biasa. Air hangat tidak merusak serat-serat material peralatan tidur Anda dan akan tetap membuat mereka lembut.  Namun perlu diingat untuk memperhatikan suhu air.

Untuk suhu air hangat yang disarankan adalah sekitar 40 derajat celcius. Lihat juga apakah ada noda pada sprei atau sarung bantal Anda, karena apabila noda ini tidak dibersihkan di awal, akibatnya noda akan menjadi luntur dan berimbas pada kerusakan sprei yang lebih luas. Pastikan noda membandel di sprei Anda sudah hilang sebelum dijemur, karena panas matahari justru akan membuat noda ini lengket semakin dalam nantinya.

 

Deterjen

Sumber Gambar (www.divascancook.com)
Sumber Gambar (www.divascancook.com)

Jangan memakai pemutih untuk mencuci sprei Anda, gunakan selalu deterjen biasanya. Jika Anda mempunyai budget lebih, Anda juga bisa menggunakan deterjen khusus yang memang ditujukan untuk mencuci sprei. Gunakanlah detergen secukupnya. Jangan terlalu berlebihan menambahkan deterjen.

 

Bantal

Sumber Gambar (orchidbedding.files.wordpress.com)
Sumber Gambar (orchidbedding.files.wordpress.com)

Jangan terlalu sering mencuci bantal Anda, cukup lakukan dua kali dalam waktu setahun. Namun tidak halnya dengan sarung bantal. Sarung bantal juga menjadi sarang kuman yang mengerikan. Saat Anda tidur, kulit wajah Anda tentu menempel di sarung bantal Anda, jika jarang dibersihkan, bersiaplah untuk mendapatkan masalah dengan kesehatan kulit wajah Anda.

Demikian artikel Tips Kebersihan Tempat Tidur Anda, semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan.