Tinggal sendiri dengan menyewa kamar kos adalah fenomena yang harus dihadapi olehsetiap perantau. Dengan berstatuskan sebagai anak kos, maka mereka harus melakukan semuanya secara mandiri, mulai dari mengatur kamar kos, mengatur keuangan, makanan, pakaian, dan lainnya. Apakah kamu mengalaminya? Sebagai anak kos yang sibuk dengan kuliah atau pekerjaan, kamu mungkin tidak sempat untuk mengurus banyak hal di dalam kamar kos, termasuk kebersihan kos. Kalau di rumah, mungkin kamar masih bisa dibersihkan dengan bantuan orang tua atau pembantu. Tapi bagaimana kalau kamu tinggal sendiri di kos? Oleh sebab itu, kamu harus mempelajari bagaimana menjaga kamar kos agar tetap bersih. Kamu juga harus tahu bagaimana cara membersihkan kamar kos ditengah waktumu yang terbatas. Lalu, bagaimana caranya? Inilah beberapa tips jitu yang bisa kamu pakai ketika kamu sedang membersihkan kamar kos.

ATUR WAKTU BERSIH-BERSIH

ATUR WAKTU BERSIH-BERSIH | http://www.anakui.com/
ATUR WAKTU BERSIH-BERSIH | http://www.anakui.com/

Kalau kamu sudah terlalu sibuk di pekerjaan atau kuliah, kamu pasti hampir tidak ada waktu untuk membersihkan kamar kos. Tapi sebaiknya, walaupun sibuk, kamu harus mengalokasikan sedikit waktu untuk membersihkan kos. Kamu bisa memakai 1-2 jam dalam seminggu untuk melakukannya, dan dilakukan dengan rutin. Misalnya, minggu pagi atau sabtu siang, ketika kamu memang tidak ada jadwal untuk kuliah atau kerja.

PERLU SIRKULASI UDARA

PERLU SIRKULASI UDARA | http://www.tipsrenovasi.com
PERLU SIRKULASI UDARA | http://www.tipsrenovasi.com

Kamu perlu memiliki kamar kos yang lengkap dengan sistem sirkulasi udara yang benar. Pastikan kamu punya ventilasi udara, atau setidaknya kamu bisa membuka pintu kamar ketika kamu sedang ada di dalamnya. Tujuannya agar kamarmu terbebas dari kelembaban, dan kemungkinan debu yang menumpuk. Biarkan udara bisa keluar masuk dengan bebas di kamarmu.

TENTUKAN PRIORITAS PEMBERSIHAN

TENTUKAN PRIORITAS PEMBERSIHAN | https://blog.mamikos.com
TENTUKAN PRIORITAS PEMBERSIHAN | https://blog.mamikos.com

Apakah kamu sering merasa bingung mau mulai dari mana ketika akan membersihkan kamar kos? Kalau problem tersebut kamu temui, maka kamu harus menentukan prioritas area ketika kamu hendak membersihkan kamar kos. Gampangnya, kamu tidak harus membersihkan seluruh area kamar kos dalam satu waktu yang bersamaan. Tapi kamu bisa fokus ke satu area hingga selesai, dan melanjutkan ke area yang lain.

KUMPULKAN PAKAIAN KOTOR

KUMPULKAN PAKAIAN KOTOR | http://thetanjungpuratimes.com/
KUMPULKAN PAKAIAN KOTOR | http://thetanjungpuratimes.com/

Biasanya anak kos akan mencuci pakaian ketika akhir pekan. Jadi untuk menjaga kamar kos tetap bersih, kamu harus mengumpulkan pakaian kotor di satu tempat. Pakaian kotor tersebut bisa kamu kumpulkan di tempat tertutup atau terbuka. Jika kamu ingin menaruh pakaian kotor di dalam kamar, sebaiknya kamu menggunakan wadah tertutup untuk pakaian kotormu.

PISAHKAN BARANG YANG SERING DAN JARANG DIPAKAI

PISAHKAN BARANG YANG SERING DAN JARANG DIPAKAI | https://cdns.klimg.com/vemale.com
PISAHKAN BARANG YANG SERING DAN JARANG DIPAKAI | https://cdns.klimg.com/vemale.com

Selain harus menjaga kerapian setiap barang di kamar kos, kamu harus memisahkan barang yang sering kamu gunakan, dan barang yang jarang kamu gunakan. Untuk barang-barang yang jarang kamu gunakan, kamu bisa menaruhnya dalam tempat penyimpanan, agar kamar kamu tidak terkesan berserakan. Selain itu, masih banyak hal lagi yang bisa membuat kamar kamu bisa mudah dibersihkan. Kamu harus pandai-pandai mengatur semuanya agar proses bersih-bersih kamar bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

https://blog.mamikos.com/10cara-jitubersihkankamar-kost/