Beragam kisah menjadi hal yang seru untuk menceritakan pengalaman bagaimana mencari tempat kos, lalu mendesainnya dengan baik sehinga terlihat lebih nyaman untuk ditempati, beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya yang jauh dari orangtua, mengetahui bagaimana bertahan menjadi anak kos karena semuanya serba tidak ada yang biasannya ada disediakan pada saat pagi hari berupa sarapan kini menjadi instan hanya membeli di warung terdekat. Hal ini perlu menjadi bahan dokumentasi karena jauhnya dari orang tua. Apa saja tips yang bisa diambil ketika menjadi anak kos?

Tips Hidup Menjadi Anak Kos
Tips Hidup Menjadi Anak Kos

1. Mempersiapkan mental dalam diri.
Anda yang biasanya tinggal bersama dengan orangtua maka akan terasa berbeda jika tinggal disebuah kos karena ada beberapa hal yang menjadi pikiran seperti makanan yang tersediha menjadi instan, untuk mencuci baju tidak lagi di cucikan melainkan cuci sendiri atau laundry, dengan kata lain Anda harus lebih mandiri di tempat kos tersebut.

2. Mencari dan memilih kos yang tepat
Memilih tempat tinggal ini penting sekali, karena di sanalah Anda akan tinggal, jika salah memilih tempat tinggal maka bisa menyebabkan hanya bertahan 1,2 hingga 3 bulan saja karena tidak adanya kenyamanan tinggal. Pastikan untuk meninjau terlebih dahulu bagaimana tempatnya, lingkungannya, letaknya, fasilitasnya apa saja sehingga Anda betah berada di sana.

3. Mendesain tatak letak kamar kos
Mungkin banyak sekali yang tidak memperhatikan hal ini. Mendesain kamar merupakan hal yang penting akan adanya, bagaimana jika Anda melihat di pojok sana tidak rapi san di sana bertumpuk berbagai macam barang dan di sana masih belum dibersihkan? Hal ini akan mengganggu pikiran. Oleh karena itu bagi yang basih memilih kos bisa memperhatikan aspek ini supaya lebih teratur dan bagi yang sudah menempati kos bisa mendesain ulang tata letak kamar kos sehingga Anda bisa merasakan kenyamanannya.

4. Mengatur keuangan (uang masuk dan uang keluar)
Banyak yang mengatakan menjadi anak kos itu akan tersenyum di awal bulan dan akan cemberut di akhir bulan. Nah ini berkaitan dengan pengaturan keuangan, Anda harus jeli untuk mengatur bagaimana uang masuk tersebut keluar dan diperlukan untuk membayar apa saja sehingga penggelolaan menjadi lebih baik dan tidak ada lagi yang namanya bulan tua (akhir bulan)

5. Mandirilah menjadi anak kos
Menjadi anak kos itu memang tidak mudah jika tidak dijalani dengan rencana yang baik karena hidup mandiri menjadi prioritas utama dalam menjadi anak kos. Siapa sangka jika makan harus mencari makanan sendiri, mencuci harus mencuci sendiri, melakukan aktivitas apapun sendiri. Hal ini yang melatih kita untuk bisa belajar mandiri.

6. Selalu terhubung ke orangtua
Menjadi anak kos tidak sertamerta putus hubungan dengan orangtua karena jarak yang jauh, hal ini menjadi salah karena hal yang benar adalah teruslah menghubungi orangtua untuk menanyakan kabar mereka sehingga mereka bisa terobati kerinduannya. Apalagi sekarang teknologi sudah canggih hanya dengan mengirimkan pesan lewat facebook atau langsung menelpon sudah bisa mendengar suara orangtua. Memang menjadi anak kos akan banyak kehilangan kesempatan yang biasanya didapatkan.

7. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Pentingnya bergaul untuk menambah keakraban dan menciptakan sebuah rasa kebersamaan, oleh karena itu bersosialisasilah kepada pemilik kos, tetangga kamar kos maupun lingkungan sekitar tempat Anda ingin kos. Karena jika adanya sosialisasi maka ketika kita membutuhkan sesuatu hal akan lebih mudah, saling tolong menolong.

8. Memberikan kontak kepada orangtua.
Hal ini dilakukan karena jauh dari orangtua mengharuskan Anda ketika kehilangan kontak dengan mereka, mereka bisa menghubungi Anda contoh lainnya jika terjadi sesuatu hal maka orangtua akan mudah menghubungi. Penting hal ini untuk mengantisipasi sebauh kejahatan atau penipuan yang kerap kali ditujukan kepada anak kos.

Banyak sekali tips yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menjadi seorng anak kos yang pastinya akan sangat bermanfaat. Mengatur rencana itu penting supaya tidak tersesat nantinya. Jangan lupa untuk bertanya dengan mereka yang sudah pengalaman bertempat tinggal di kos.