Membeli rumah tanpa uang muka sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin membeli rumah. Dengan catatan anda dapat meyakinkan si penjual dengan cara bernegosiasi yang baik.

Artikel kali ini kita akan mengulas bukan hanya dengan membeli rumah tanpa uang muka saja, tetapi kita akan membahas bagaimana cara membeli rumah tanpa biaya seperpespun.

Seperti yang sering di bahas oleh para pengusaha property, anda dapat mengaku sebagai pengusaha property ulung jika anda berhasil membeli rumah tanpa uang muka dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

Tips & Trik Membeli Rumah Tanpa Uang Muka
Tips & Trik Membeli Rumah Tanpa Uang Muka

Namun anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Selalu ada saja pengetahuan dan pengalaman yang harus kita kuasai terlebih dahulu dalam bidang property. Inilah tips & trik untuk membeli rumah tanda uang muka yang dapat anda terapkan.

1. Survey Harga Pasar
Salah satu hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk membeli rumah tanpa uang muka dan tanpa biaya adalah mengetahui harga pasar. Jika anda sering melakukan survey harga pasar di berbagai lokasi di kota anda, anda akan semakin peka dalam melihat potensi properti yang memiliki potensi menguntungkan untuk di beli.

Selain itu, salah satu hal penting dalam mengikuti perkembangan pasar akan membuat anda mengetahui trend suatu properti di lokasi tersebut, apakah properti tersebut berpotensi atau tidak.

Sekarang ini, mungkin saja ada suatu lokasi yang masih sepi dan tidak padat penduduk yang menjadikan harga properti di lokasi tersebut masih di bawah harga rata-rata, tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa lokasi itu akan menjadi ramai nantinya dan harga properti di lokasi tersebut akan naik dengan drastis.

2. Mencari Rumah di Bawah Harga Pasar
Kemampuan selanjutnya yang harus anda miliki untuk membeli rumah tanpa uang muka dan tanpa biaya adalah anda harus mampu mengetahui properti yang berada di bawah harga pasar.

Untuk mencari rumah murah atau di bawah harga pasar, sebaiknya anda juga harus mencari penjual yang bermotivasi tinggi seperti penjual yang butuh uang cepat, ingin pindah kota, pindah tugas, pindah ke luar negeri, butuh biaya pengobatan, bangkrut usaha dan lain sebagainya.

Penjual yang memiliki motivasi tinggi biasanya menjual rumahnya di bawah harga standart agar rumahnya terjual dengan cepat.

3. Menaksir Harga Rumah
Jika point pertama atau melakukan survey harga property sudah sering anda lakukan dan anda sudah terbiasa dan peka dengan potensi sebuah properti yang menguntungkan, sekarang adalah saat dimana anda mencoba untuk menaksir harga rumah yang anda beli.

Perlu di ingat, untuk pembiayaan KPR rumah bekas, bank akan mendanai harga 70% dari harga penilaian mereka. Sebagai contoh, jika harga rumah hasil taksiran bank adalah 500 juta rupiah, maka bank akan mendanai sampai 70%, yatu sekitar 350 juta rupiah, lalu selebihnya 30% atau 150 juta rupiah akan di biayai oleh pembeli sebagai uang muka.

Di sinilah anda harus mampu mencari properti dengan kriteria di bawah harga pasar. Sebagai contoh, jika anda mampu mencari rumah dengan harga di bawah pasar atau sekitar 350 juta rupiah dan pada saat anda ajukan ke bank, ternyata pihak bank menaksir rumah tersebut seharga 550 juta rupiah, maka anda sudah dapat membeli properti tersebut tanpa mengeluarkan biaya.

4. Kerjasama dengan Penjual
Untuk dapat membeli rumah tanpa uang muka, pembeli dan penjual harus dapat bekerjasama. Anda bisa menjelaskan pada penjual bahwa pembiayaan akan dilakukan dengan KPR, maka dari itu coba jelaskan pada penjual bahwa anda perlu waktu kurang lebih 1 bulan untuk menunggu proses.

Yakinkan penjual bahwa anda mempunyai niat yang serius untuk membeli rumah tersebut. Di tahap ini, anda boleh tidak memberi uang muka terlebih dulu, anda cukup saling mendapatkan kesepakatan dengan penjual.

5. Mengajukan KPR dengan Banyak Bank Sekaligus
Agar permohonan pengajual KPR anda di setujui oleh bank, ada baiknya kamu mengajukan permohonan KPR ke banyak bank secara bersamaan. Ini bertujuan untuk memperbesar potensi pengajuan anda agar di terima.

Sembari menunggu status permohonan pengajuan di salah satu bank, anda dapat menhubungi pihak bank dan menanyakan proses KPR anda.

Jika ada lebih dari satu bank yang menerima pengajuan kredit anda, sebaiknya pilihlah bank yang memberikan bunga terendah dengan platfond tertinggi atau jangka waktu kredit yang lama.

Sampai disini dulu artikel Tips & Trik Membeli Rumah Tanpa uang muka. Semoga bermanfaat untuk anda.