Terkadang, menjadi anak kos merupakan sebuah bagian hidup yang harus dilalui. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita petik dari pengalaman sebagai anak kos. Mulai dari kemandirian, kemampuan bersosial, membaca situasi, dan juga mengatur keuangan.

 

Namun, Permasalahan keuanganlah yang menjadi kendala bagi kebanyakan anak kos. Mau tidak mau, kamu harus bisa beradaptasi dan mengatur keuangan kamu agar lebih hemat lagi. Apalagi disaat kamu sedang berada di tanggal tua dan belum terima kiriman uang / gaji. Biar kamu bisa hidup dengan nyaman meski uang pas-pasan, simak ulasan mengenai tips berhemat ala anak kos berikut ini!

1. Makan di Tempat Murah

Makan di Tempat Murah | https://cdns.klimg.com/
Makan di Tempat Murah | https://cdns.klimg.com/

Tips berhemat yang utama adalah mencari tempat makan yang pas dengan kantong kamu. Biaya makan tiap harinya harus menjadi patokan khusus buat pengeluaran bulananmu. Jangan sampai di tanggal tua nanti kamu malah keteteran tidak punya uang buat makan. Bagi para anak kos, pasti sudah tau seluk beluk wilayah kos-kosan beserta tempat makan murahnya. Kalau kamu masih belum tau, sebaiknya segera cari tahu! Bertanyalah pada teman atau para senior yang berada di lingkungan kosmu.

2. Masak Sendiri

Masak Sendiri | https://thumb.netz.id/
Masak Sendiri | https://thumb.netz.id/

Kalau kamu ingin lebih hemat lagi, cobalah sesekali untuk memasak sendiri. Kalau kamu tinggal sendirian, kamu bisa makan sepuasnya seharian dengan biaya yang cukup murah. Kalau memang memasak begitu ribet, kamu cukup memasak nasi dengan rice cooker. Jadi, kamu tidak perlu membeli nasi di luar, kamu hanya perlu membeli lauknya saja. Tak hanya itu, rice cooker juga memiliki banyak manfaat. Selain untuk menanak nasi, kamu juga bisa memasak mie instan lewat rice cooker juga lho. Kalau kamu anak kos sejati, kamu pasti tau trik yang satu ini.

3. Sedia Makanan Instan

Sedia Makanan Instan | https://i.hungrygowhere.com
Sedia Makanan Instan | https://i.hungrygowhere.com

Apabila dalam satu bulan ternyata kamu memiliki banyak keperluan mendadak, maka mau tidak mau kamu harus lebih waspada apabila tanggal tua menghampirimu. Disaat uang kiriman atau gajian kamu sudah tidak dapat menutupi keperluan di tanggal tua, maka makanan instanlah solusinya. Seperti yang kita ketahui, makanan instan berupa mie instan menjadi senjata mumpuni bagi anak kos. Dengan harga dua ribu perak, mie instan sudah cukup mengganjal dan mengurangi jatah makan kamu dalam sehari. Lebih baiknya lagi, kalau kamu bisa beli mie instan satu kardus untuk persiapan. Lumayan kan, beli banyak bisa lebih murah.

4. Cuci Pakaianmu Sendiri

Cuci Pakaianmu Sendiri | http://1.bp.blogspot.com
Cuci Pakaianmu Sendiri | http://1.bp.blogspot.com

Kalau sebelumnya kamu menggunakan jasa laundry, kamu bisa coba untuk mencuci pakaianmu sendiri untuk meminimalisir pengeluaran kamu. Apabila kamu punya waktu yang cukup di kos, tak ada salahnya untuk mencuci pakaiamu sendiri kan? Itung-itung lumayanlah uangnya bisa buat tambahan makan atau keperluan mendadak. Apalagi kalau di kos kamu memang disediakan tempat untuk menjemur pakaian. Lebih cepat selesai juga lho daripada kamu harus menumpuk pakaianmu di jasa laundry berhari-hari.

5. Menabung

Menabung | https://www.finansialku.com
Menabung | https://www.finansialku.com

Menabung, sudah bukan rahasia lagi bagi semua orang. Apabila kamu handal dalam mengatur keuangan. Kamu pasti bisa menyisihkan sebagian uang kamu untuk menabung. Uang tabungan ini nantinya akan bermanfaat untuk masa depan kamu. Kamu harus punya target di bidang keuangan. Atau setidaknya kamu bisa menggunakan uang tabungan ini untuk keperluan yang datang secara tiba – tiba.

 

Itu dia tips – tips berhemat ala anak kos. Saat kamu tinggal di kos memang waktu yang tepat untuk mengatur keuangan secara mandiri. Jadi, kamu harus mulai membiasakan diri untuk berhemat ya!