Sebagai penyewa hunian seperti kamar kos, apa yang akan anda lakukan? Tentunya adalah mencari kamar kos yang terbaik dengan harga yang paling murah. Hal ini banyak dilakukan oleh mahasiswa atau perantau, yang belum memiliki penghasilan sendiri, tetapi sudah diberi kebebasan dari orang tuanya untuk mengurus diri sendiri. Tidak sendikit yang merasa kebingungan mencari kamar kos yang sesuai, dan akhirnya mereka capek pindah-pindah sewa kos. Jika anda adalah salah satu diantara banyak orang seperti itu, jangan langsung putus asa ya. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini :

Sewa Kos Jauh-jauh Hari

rumahbagusminimaliscom
Mencari Kamar Kos yang Murah (Sumber : rumahbagusminimalis.com)

Semakin banyak orang yang membutuhkan kos, maka para pemilik kos akan menaikkan harganya. Itu dapat dibuktikan ketika masa-masa akan masuk tahun ajaran baru, pasti harga sewa kos akan menanjak. Nah, jika anda ingin mencari kamar kos, bersiaplah untuk mencari kos-kosan jauh-jauh hari. Jika sudah mendapatkan kamar kos yang sesuai, jangan lupa untuk memberikan uang muka agar tidak diambil oleh orang lain. Dengan demikian, anda akan aman karena sudah memiliki kamar kos sebelum harganya menanjak.

Banyak Cari Informasi

Satu hal yang kadang susah untuk dilakukan oleh orang yang mencari kamar kos adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Kadang orang akan merasa malas untuk membandingkan banyak kamar kos hanya untuk mendapatkan harga yang sesuai. Nah, jika anda ingin mendapatkan kamar kos yang murah dan baik, jangan capek untuk membandingkannya dengan banyak kamar kos yang lain. Semakin anda memiliki banyak informasi tentang harga-harga kamar kos, anda akan berpeluang untuk mendapatkan kamar kos yang baik dan sesuai dengan kocek.

kos2
Mencari Kamar Kos yang Murah (Sumber : tipsrumah.com)

Perhatikan Kondisi Sekitar

Harga kamar kos juga akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kos tersebut. Terkadang, jika kos berada di kompleks perumahan, perkantoran, akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kos yang ada di perkampungan atau lingkungan sekolah. Harga sewa kos juga dipengaruhi oleh akses transportasi, banyaknya warung makan, dan keamanan daerah tersebut.

outsourcingsecurityperumahan-karawangblogspotcom
Mencari Kamar Kos yang Murah (Sumber : outsourcingsecurityperumahan-karawang.blogspot.com)

Evaluasi Pengeluaran

Mengetahui murah tidaknya harga sewa kos bisa dilakukan dengan survey dan mengevaluasi. Akan lebih baik jika anda mendatangi banyak kosan. Bandingkanlah harga dan fasilitas yang bisa anda dapatkan dari beberapa kosan yang sudah anda sambangin. Jangan terkecoh dengan harga yang diberikan. Anda harus menghitung antara harga kamar dengan pengeluaran lain, seperti pembelian kasur, lemari, meja, dan berbagai barang lainnya. Akan lebih baik memilih kosan yang harganya lebih mahal, tapi anda sudah tidak perlu membeli perlengkapan lain dibandingkan kosan yang murah tapi kasur dan lemari harus anda persiapkan sendiri. Pengeluaran lainnya seperti uang keamanan, listrik, dan air juga kadang menjadi tolok ukur harga sewa kamar kos yang perlu anda perhatikan.