Beberapa keadaan kos-kosan memiliki kesan menyeramkan apabila ditinjau dari segi keamanannya. Untuk itu kamu harus waspada dan selalu berhati-hati agar kamar kosmu selalu aman. Banyak sekali kasus kehilangan yang ada di tempat kos. Kehilangan bisa saja ulah si maling yang tidak bertanggung jawab, atau bisa jadi ulah dari teman kos kamu sendiri yang tidak bisa dipercaya.

Selain kehilangan ada juga beberapa kasus mengerikan lainnya yang harus kamu hadapi, misalnya saja kebakaran. Wah, pasti ngga mau kan hidup kamu makin ribet karena mikirin kos-kosan yang tingkat keamanannya mengecewakan. Karnanya simak tips-tips berikut ini biar kosan aman.

  • 1. Kunci Kamar
    Kunci kamar merupakan hal utama dalam menjaga keamanan. Jangan sampai kehilangan barang-barang berharga atas ulah keteledoran kamu. Kamu harus biasakan mengkunci kamar mulai dari sekarang, apalagi kalau kamu tinggal sendirian di kos. Tidak hanya mengunci dari luar, kamu juga perlu membiasakan mengkunci kamar dari dalam. Ketiduran dengan pintu terbuka lebar? Bahaya juga kan.

 

  • 2. Jangan Tinggalkan Kompor Menyala
    Ini merupakan hal yang penting bagi kamu. Jangan sampai kamu terlalu asik mengerjakan banyak hal hingga lupa kalau kompor gas terus menyala dari dini hari. Jangan sampai deh ya, hati-hati hal yang seperti ini bisa menyebabkan kebakaran lho.
(source : kompasiana.com)
Jangan Tinggalkan Kompor Menyala (source : kompasiana.com)
  • 3. Beri Password pada Perlatan Elektronik.
    Kamu pasti akan merasa risih apabila segala hal privasi kamu tersebar luas di seluruh wilayah kosan hanya karena ulah tangan jahil yang iseng kepo in laptop atau smartphone kamu. Selain menjaga privasi, meberi password pada peralatan elektronik kamu akan mempersulit si maling yang mengambil barang-barang mu. Seandainya ada yang hilang, kamu bisa juga ngecek lokasi perangkat elektronik tersebut.

 

  • 4. Simpan Barang Berharga
    Kehilangan atau kemalingan menjadi kasus yang paling sering terjadi bagi anak kos. Kamu harus berhati-hati dalam menjaga barang-barang berharga kamu. Beberapa barang yang sering hilang di kos-kosan yakni HP / Smartphone, Laptop, Tablet, Perhiasan, Jam Tangan, bahkan juga Pakaian. Simpan baik-baik deh ya, pasti sedih banget kan kalau barang berharga sampai ilang di kosan.
Kunci Kamar (source : ruangrakyat.com)
  • 5. Tetap Waspada dengan Orang Sekitar
    Tidak ada salahnya menaruh kewaspadaan, itupun berlaku dengan orang-orang disekitar kamu. Niatnya sih ingin akrab dan punya banyak teman di kisaran kosan, tapi bisa jadi orang disekitar kamu kurang peduli dan malah-malah suka mencuri. Enggak ada salahnya juga berteman dengan siapa saja, tapi kamu juga perlu waspada dengan keadaan sekitar kamu ya.

Nah, itu dia tips mengenai kosan yang aman. Tetap waspada dan jaga keamanan kosanmu yah! Simak juga artikel mengenai kosan kami yang lainnya.

Tag : Aman, Kos, Kunci, tips