Perlu diwaspadai ketika sudah memasuki musim hujan, pasti saluran air diatas atap anda akan bermasalah. Kemungkinan bermasalahnya adalah pada bagian talang. Talang adalah saluran air yang biasanya dipasang dipinggiran atap dan berfungsi untuk menampung dan mengalirkan air hujan yang jatuh diatap rumah. Walaupun sangat sederhana, keberadaannya berfungsi sangat efektif untuk mencengah terpaan air hujan yang bisa mengakibatkan pelapukan pada pintu, jendela, ataupun dinding. Permasalahan utama yang kadang mengganggu bagian talang ini adalah adanya tumpukan daun, debu, atau kotoran lain yang dapat menimbulkan penyumbatan. Alhasil, air hujan akan menggenang sehingga dapat menyebabkan korosi pada talang logam, lapuk pada talang kayu, atau bahkan jebolnya talang.

tips-memperbaiki-talang-air-bocor-original
Membersihkan Talang yang Tersumbat

Lalu bagaimana cara jitu untuk mencegah hal tersebut? Pertama, anda harus mengecek dan membuang kotoran yang menumpuk tersebut secara berkala. Setelah semua kotoran dibersihkan, semprotkan air pada talang dengan menggunakan selang. Alirkan air di sepanjang saluran, hingga ke pipa yang mengarah ke bawah. Akan lebih baik jika selang yang digunakan dilengkapi dengan pengatur tekanan yang dapat dinyalakan dan dimatikan. Apabila perlu, boleh juga menggosok talang dengan sikat sembari menyemprotkan air. Perhatikan, jika air tidak mengalir dengan lancar melalui saluran pipa yang mengarah kebawah, berarti ada penyumbatan yang perlu anda bersihkan. Cobalah menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup besar untuk mendorong keluar penyumbat tersebut. Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu menggunakan alat bantu untuk menarik atau mendorongnya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan penggerek yang biasa dipakai para tukang ledeng, yang kerap disebut auger atau drain snake.

Dachrinne wird von Laub gesäubert
Membersihkan Talang yang Tersumbat

Dengan beberapa langkah sederhana tersebut, pasti talang yang sudah anda pasang akan benar-benar berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air hujan. Jika anda akan membersihkan talang sendiri, anda wajib memperhatikan banyak hal yang menunjang keselamatan anda. Tetapi jika tidak, anda cukup menyewa tukang yang bisa membersihkan talang tersebut. Selain mereka mempunyai standar pembersihan yang tentunya berkualitas, keselamatan dan teknik untuk membersihkannya pasti sudah mumpuni.

atap
Membersihkan Talang yang Tersumbat