Ruangan rumah anda selalu dirancang agar pencahayaan pada siang hari tercukupi oleh sinar matahari. Keuntungannya adalah karena cahaya matahari adalah sinar yan sehat, yang akan membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam ruangan. Tetapi ternyata, sinar matahari justru akan mengganggu penghuninya jika intensitasnya terlalu besar. Terkadang orang memang sengaja menggunakan jendela yang berkaca besar, tetapi ternyata ketika sudah ditinggali, sinar matahari yang masuk dalam ruangan justru akan menyilaukan. Kondisi dalam ruangan juga akan terlalu hangat, atau bahkan sangat gerah.

terang1
Siasat Agar Ruangan Tidak Terlalu Terang

Lalu apa yang seharusnya anda lakukan agar ruangan  anda bisa menerima sinar matahari yang masuk dengan baik dan tidak berlebihan? Pertama, mungkin anda perlu mempersiapkan kerai di luar jendela anda. Ketika sinar matahari sudah dirasa terik, anda bisa langsung menutup kerai tersebut. Walaupun kerai ditutup, sinar matahari masih akan tetapi bisa masuk ke dalam ruangan melalui celah kerai. Anda bisa memilih kerai yang berkualitas, dan juga enak dipandang, sehingga akan memberikan kesan yang rapi dan cerah, serta tidak sembarangan.

terang2
Siasat Agar Ruangan Tidak Terlalu Terang

Kedua, jangan mewarnai semua dinding dengan warna putih karena sifatnya merefleksikan cahaya. Pilih warna yang berbeda untuk beberapa dinding, contoh di satu sisi dinding warnanya biru laut, di sisi yang lain Anda menggunakan wallpaper. Jangan memilih warna yang terlalu gelap, seperti hitam atau ungu sangat tua. Kedua warna ini menyerap panas, sehingga walaupun di mata Anda akan terasa lebih sejuk, tapi warna ini akan membuat ruangan menjadi semakin gerah.

Harga Gorden Jendela Kantor window fashin tirai jendela kaskus - Gorden Jendela
Siasat Agar Ruangan Tidak Terlalu Terang

Kemudian, anda bisa menggunakan bantuan tanaman hias dan tanaman dinding. Tanaman rambat akan melapisi dinding sehingga mencegah sinar matahari menerpa kamar Anda secara langsung. Cek kondisi tanaman setiap dua minggu untuk mencegah akarnya merusak dinding rumah Anda. Saat siang hari jangan menyalakan AC, tapi nyalakan kipas angin. AC yang terpapar panas akan membuat kompresornya bekerja lebih keras sehingga listrik menjadi boros dan AC tak awet. Buka jendela sedikit saja lalu nyalakan kipas angin untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam kamar.

terang4
Siasat Agar Ruangan Tidak Terlalu Terang

Nah, dengan berbagai macam cara tersebut, anda bisa menyelamatkan ruangan anda agar tetap sehat dan bisa membuat semua anggota keluarga nyaman berada didalamnya.