Salah satu hal yang perlu anda perhatikan jika anda mulai merancang sebuah pembangunan rumah adalah memilih model dan motif keramik untuk rumah anda. Hal ini perlu dicermati dan juga dipikirkan dengan serius, karena keramik menentukan nuansa yang akan terbangun di dalam rumah anda. Jadi, jangan sampai anda salah memilih model dan motif keramik tersebut. Anda mungkin perlu mencari banyak referensi dari majalah, pameran, ataupun melihat secara langsung model-model keramik yang terkombinasi pada berbagai model bangunan dan interior rumah.

keramik4

Mari kita ulas beberapa tips yang bisa anda jadikan patokan dan panduan untuk memilih model dan motif keramik untuk rumah anda. Pertama adalah ukuran keramik. Misalnya untuk ukuran rumah yang minimalis.Ukuran ubin atau keramik  yang pas sangat penting, agar luas rumah yang tidak terlalu besar tak makin terkesan sempit. Keramik yang berukuran besar dianjurkan untuk digunakan pada rumah minimalis yang luasnya terbatas. Ukuran keramik yang besar pada lantai rumah akan memberikan kesan rumah terasa lebih lega dari yang sebenarnya. Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah bahan keramik yang digunakan. Ternyata, harga yang mahal tidak menjadi jaminan keramik itu pas untuk gaya rumah minimalis Anda. Anda juga harus memperhitungkan aspek daya tahan keramik yang Anda pakai sesuai kebutuhannya supaya dapat berfungsi untuk waktu lama. Disamping itu juga, material keramik pun sangat berpengaruh pada perawatannya. Tentunya juga harga keramik rumah minimalis dengan bahan yang bagus akan lebih mahal sedikit.

keramik3

Pertimbangan lain yang juga perlu anda pikirkan adalah tekstur keramik, misalnya bisa anda bedakan berdasarkan ruangan dan kebutuhan anda di ruangan tersebut. Anda membutuhkan tekstur keramik yang berbeda-beda pada ruang tamu maupun kamar mandi, begitu pula untuk keramik kamar tidur serta dapur. Untuk lantai ruangan keluarga, kamar tidur maupun ruang tamu, Anda juga bisa memakai keramik glossy. Keramik yang bertekstur halus mengkilap tentunya nyaman digunakan untuk berbaring atau bersantai. Tetapi pada lantai kamar mandi ataupun dapur, Anda tidak boleh memakai tipe keramik yang sama agar anda tidak terpeleset gara-gara permukaan keramik yang licin. Gunakanlah keramik yang kasar/tidak mengkilap, misalnya.

keramik1

keramik5

Hal lainnya adalah pertimbangan warna. Sekarang ini keramik tersedia dengan beraneka macam warna. Warna keramik juga akan memberi pengaruh pada nilai artistik serta gaya rumah yang aka Anda tonjolkan. Penentuan warna keramik pada rumah minimalis itu sendiri harus disesuaikan dengan cat dinding maupun furniture yang ada. Perpaduan antara warna lantai dan dinding sekaligus furniture yang pas akan menghasilkan kesatuan yang utuh. Agar terlihat serasi, jika Anda tidak mau rumah anda terlihat monoton, Anda juga boleh memanfaatkan warna berbeda dari dinding dan lantai anda. Yang harus diingat juga yakni warna keramik lantai tidak boleh kelewat kontras dibanding warna furniture maupun dinding. Keramik lantai yang berwarna terang namun lembut lebih direkomendasikan untuk rumah minimalis. Terakhir, anda bisa memperhatikan dan memilih motif keramik yang banyak sekali bertebaran di pasaran. Pilihan sangat banyak, mulai dari yang sangat simpel, polos, sampai dengan yang memiliki motif yang kompleks. Anda bisa menentukan dan memilih dengan memeperhatikan warna dinding, dan juga properti/barang-barang yang ada di rumah anda. Selamat memilih model dan motif keramik!