Tahun ajaran baru siap untuk dimulai, para pengusaha kontrakan dan kamar kos mulai berbenah. Mengapa demikian? Mereka yang menjadi pebisnis di bidang tersebut akan berrebut untuk mendapakan konsumen. Para pencari kamar kos pasti akan memilih kamar yang paling sesuai dengan keinginan, dan terutama yang akan membuatnya aman dan nyaman. Bagi para pencari kos, tak jarang anda merasa kebingungan. Selain pilihan yang beragam, memilih kost hampir sama dengan membayangkan kehidupan anda beberapa bulan ke depan. Hal tersebut karena anda akan tinggal dengan beberapa orang dalam satu rumah kost, memiliki lingkungan pergaulan baru dan akan beraktivitas dalam kamar tersebut.

kos5
Akses menuju Kost harus jelas dan mudah

Oleh sebab itu, anda wajib tahu, apa saja yang perlu anda perhatikan ketika anda akan memilih kamar kos. Pertama dan yang paling utama, adalah berkaitan dengan lokasi. Sebaiknya anda memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari kampus maupun tempat kerja anda untuk waktu tempuh yang efisien. Apabila anda tidak keberatan tinggal sedikit jauh dari tempat tujuan, maka anda harus mempertimbangkan lalu lintas menuju tempat kerja atau kampus anda. Selain memperhatikan jarak tempuh, perhatikan juga bahwa kamar kost sebaiknya berada di lokasi strategis, tidak jauh dari beberapa fasilitas umum dan temat-tempat yang akan sering anda kunjungi. Misalnya, mall, apotik, pom bensin, laundry, ATM< dan lain sebagainya. Lokasi di pinggir jalan besar, masuk gang kecil, ataupun area perkampungan dan perumahan juga wajib untuk anda perhatikan.

kos3
Area kos harus Aman

Pertimbangan kedua adalah harga. Tentu saja, harga amatlah penting dalam memilih kamar kost. Pastikan sesuai dengan pemasukan dan budget anda. Tidak perlu memaksakan memilih di luar budget karena akan menyulitkan anda setiap bulannya. Terkadang kost juga harus dibayar tidak perbulan namun per-6 bulan, per tahun dan sebagainya. Selain itu, anda juga dapat mengukur jika harga tersebut sesuai dengan kamar kost dan fasilitasnya. Tanya juga secara detail tentang biaya kost sudah termasuk fasilitas apa saja di dalamnya. Apakah sudah termasuk listrik, internet, air, gas dan yang lainnya.

kos1
Koridor Kamar Kos yang Nyaman dan Bersih

Dua hal penting tersebut jangan sampai anda lupakan ketika memilih kamar kos. Sebenarnya, ada banyak sekali pertimbangan lain yang perlu anda perhatikan. Misalnya, kondisi kamar, suasana rumah kos, dan usia tetangga kos yang seumuran atau tidak, sampai dengan detail keamanan yang menjamin anda ketika anda tinggal disana.