Tinggal sendiri di kos atau kontrakan, dan jauh dari orang tua adalah fenomena yang banyak dialami oleh anak muda. Kenyataan ini yang membuat semua orang yang harus tinggal di kos, harus mencari kamar kos yang benar-benar nyaman dan tepat. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika kalian sedang memilih kamar kos. Beberapa hal berikut harus kalian perhatikan, karena kalian akan tinggal di kamar kos dalam jangka waktu yang lama, bahkan beberapa tahun. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika memilih kamar kos, yaitu:

LOKASI KOS HARUS DEKAT KAMPUS

LOKASI KOS HARUS DEKAT KAMPUS | https://3.bp.blogspot.com
LOKASI KOS HARUS DEKAT KAMPUS | https://3.bp.blogspot.com

Bagi kalian yang tinggal di kos karena sedang kuliah di luar kota, maka kalian harus memilih lokasi kos yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan kampus. Tapi masalahnya, harga sewa kamar kos yang berlokasi dekat dengan kampus, biasanya akan lebih mahal daripada yang lokasinya agak jauh. Nah, kalian tinggal menentukan prioritas, apakah kalian ingin mencari tempat tinggal yang harga sewanya rendah, atau lokasinya yang dekat denga kampus. Memang sebaiknya kalian menggunakan jalan tengah, yakni kos yang dekat dengan kampus, tetapi tetap mempertimbangkan harga sewa agar kalian tidak merasa rugi.

LINGKUNGAN YANG TIDAK KUMUH

LINGKUNGAN YANG TIDAK KUMUH | https://thomy265.files.wordpress.com
LINGKUNGAN YANG TIDAK KUMUH | https://thomy265.files.wordpress.com

Kondisi kos dan lingkungan tempat tinggal yang kotor atau kumuh akan sangat mempengaruhi kenyamanan kalian selama tinggal. Apalagi buat kalian yang memang sangat terbiasa dengan kondisi sekitar yang bersih dan rapi. Untuk mengidentifikasinya, kalian bisa melihat sekilas di sekitar kamar kos kalian, apakah kebersihan terjaga atau tidak. Kalau seandainya dari segi kebersihan kalian merasa kurang cocok, jangan pilih kamar kos tersebut. Begitu juga dengan kamar mandi dan WC, pastikan kalau keduanya punya kondisi yang bersih.

JARAK DENGAN FASILITAS DAN TEMPAT MAKAN

JARAK DENGAN FASILITAS DAN TEMPAT MAKAN | https://www.checkinjakarta.id
JARAK DENGAN FASILITAS DAN TEMPAT MAKAN | https://www.checkinjakarta.id

Menjadi penghuni kos berarti kalian juga harus memiliki kemandirian, karena semuanya harus kalian kerjakan dan lakukan sendiri. Nah, karena kebutuhan tersebut, maka kalian harus memilih lokasi kos yang dekat dengan banyak hal, yaitu supermarket/mini market, tempat makan, rumah sakit/klinik/puskesmas, dan fasilitas umum lainnya. Kesemuanya pasti akan kalian butuhkan secara rutin maupun ketika ada keadaan darurat. Jadi sebisa mungkin, kalian harus memiliki akses yang mudah dari kos menuju semua fasilitas tersebut.

CARI INFO KEAMANAN DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT

CARI INFO KEAMANAN DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT | http://tribratanews.polri.go.id/
CARI INFO KEAMANAN DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT | http://tribratanews.polri.go.id/

Menjadi penghuni kos artinya kalian menjadi pendatang dan penghuni sementara di lingkungan masyarakat yang baru. Kondisi tersebut yang mengharuskan kalian memiliki relasi yang baik dengan masyarakat sekitar, setidaknya di lingkungan kanan kiri rumah kos kalian. Selain itu, kalian juga harus memastikan bawa kalian memiliki tetangga yang ramah dan baik. Kalian juga harus meemastikan bahwa kos dan lingkungan masyarakat tempat kalian tinggal memiliki kondisi keamanan yang kondusif. Lebih baik kalian memilih kos yang menerapkan sistem jam malam, memiliki pagar di depan rumah, parkiran yang baik, dan ibu kos yang juga tinggal disana. Dengan beberapa hal tersebut, kalian memiliki sistem keamanan yang dipastikan maksimal.

 

Selain beberapa hal tersebut, kalian juga wajib mempertimbangkan banyak lagi hal yang perlu kalian pikirkan sebelum menentukan kamar kos yang akan kalian sewa.

https://infomahasiswa.com/12-pertimbangan-memilih-tempat-kost-ideal-beserta-alasannya/

 

Tag :