Pertimbangan Ketika Harus 1 Kamar Kos Dengan Teman – Kamar kos merupakan ruang pibadi yang dapat memberikan kamu sebuah kenyamanan. Kamar kos adalah salah satu tempat yang bisa menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Namun, adakalanya saat melanjutkan studi, kamu akan berbagi kamar dengan orang lain. Biasanya akan berbagi kamar kos saat tinggal di suatu asrama atau saat menjadi anak rantauan.

Sumber Gambar (www.womensilab.files.wordpress.com)
Sumber Gambar (www.womensilab.files.wordpress.com)

Dengan saling berbagi kamar kos, maka kamu dan teman sekamarmu harus saling mempertimbangkan berbagai hal agar sama-sama merasa nyaman. Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu dan teman sekamarmu bisa saling nyaman.

 

1. Gaya Hidup Dengan Teman 1 Kamar Kos

Sumber Gambar (www.seputarfitness.com)
Sumber Gambar (www.seputarfitness.com)

Dengan saling berbagi kamar kos, maka kamu pun akan saling berbagi gaya hidup. Kamu dan temanmu akan tahu kebiasaanmu dan apa saja kegiatan yang sering dilakukan seperti suka bermain game, bermain alat musik dan kegiatan lainnya. Pada awalnya akan merasa kesulitan untuk berbagi karena sebelumnya sudah terbiasa sendiri.

Oleh karena itu, agar dapat hidup dengan orang lain kamu harus bisa mengenal diri sendiri atau setidaknya memahami bagaimana cara hidupmu. Setelah mengetahui gaya hidup sendiri maka kamu bisa melihat gaya hidup dari teman sekamarmu dan saling berbicara dengan terus terang agar tidak saling menyusahkan.

Dengan itu kamu akan mengetahui hal apa yang kamu sukai dari dia dan apa yang kurang sukai dari dia, begitu pula sebaliknya. Proses terus terang ini penting karena kamu akan berbagi dengan orang lain dan kamu pun akan menemukan cara untuk beradaptasi degan cepat tanpa terlalu banyak merubahan gaya hidup pribadi ataupun teman sekamarmu.

 

2. Menerapkan Aturan Dasar Dengan Teman 1 Kamar Kos

Sumber Gambar (https://ae01.alicdn.com)
Sumber Gambar (https://ae01.alicdn.com)

Aturan dasar harus diterapkan saat kalian bertemu. Hal itu akan sangat memudahkan kamu dan teman sekamar dalam menjaga suasana dan kenyaman tempat tinggal.  Dalam memutuskannya, kamu tidak bisa memutuskan seorang diri, harus saling berunding dengan teman sekamar dan menyepakatinya bersama.

Perjanjian ini bisa disebut perjanian teman 1 kamar kos. Untuk memulai aturan dasar, kamu bisa saling terbuka agar bisa mengetahui sifat atau kebiasaan teman sekamar dan sebaliknya. Saling terbuka akan sangat membantu dalam menyesuaikan diri.

Kamu bisa saling berkompromi dan bisa menerpakan beberapa hal seperti misalnya batas pengunjung, jadwal piket kamar dan kegiatan lain yang sekiranya kalian melakukan suatu kegiatan di dalam kamar. Dengan adanya perjanian ini, maka dapat meminimalisir atau bahkan menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin dapat muncul saat kalian sudah tinggal sekamar.

 

3. Menyelesaikan Suatu Masalah Dengan Teman 1 Kamar Kos

Sumber Gambar (http://assets-a1.kompasiana.com)
Sumber Gambar (http://assets-a1.kompasiana.com)

Manusia adalah makhluk sosial dan kamu adalah seseorang yang tinggal bersama orang lain dalam satu kamar kos. Oleh karena itu, jika ada masalah dengan teman sekamar, kamu harus saling bicara dan saling mengingatkan masalah tersebut. Permasalah suatu saat pasti akan muncul dan dengan adanya masalah tersebut maka kalian bisa semakin akrab dan bisa saling jauh atau bahkan musuhan.

Kamu tentu tidak ingin tinggal 1 kamar kos dengan orang yang tidak disukai. Rasa tidak nyaman dan tidak betah untuk tinggal di kamar dan akhirnya bisa hilang begitu saja karena jarang ada di kamar. Semakin cepat bicara, maka permasalahan yang ada akan mendapatkan jalan keluar dan cepat selesai.

Masalah tidak selesai dan menguap begitu saja bila berdiam diri dan jika terlalu berdiam diri bisa jadi masalah tersebut akan berkembang semakin besar. Menyampaikan masalah juga bisa membuat kamu semakin akrab karena akan dianggap mau mendengarkan keluh kesahnya dan bisa memberikan solusi yang terbaik.

 

4. Keakraban Dengan Teman 1 Kamar Kos

Sumber Gambar (http://static.republika.co.id)
Sumber Gambar (http://static.republika.co.id)

Teman sekamar tidak harus terlalu akrab. Kamu harus memiliki batasan yang jelas agar kalian tidak bersikap kurang ajar karena menganggap sudah sangat akrab. Akrab dengan memiliki hobi atau kesukaan yang sama tentu akan sangat menyenangkan. Namun, jika hobi yang kalian sukai tidak sama kamu pun harus berusaha untuk bisa menghormatinya.

Teman sekamar yang baik pasti akan paham apa saja tindakan yang baik dan sesuai dengan keadaan sehingga tidak akan merasa sungkan untuk mempertahankan diskusi yang produktif, menyesuaikan gaya hidup yang dimiliki dan dapat saling toleran. Jika bisa melakukan hal tersebut, kamu akan menjadi teman sekamar yang hebat dan pasti diinginkan oleh banyak orang.

Keakraban juga bisa didapat dari saling berkumpul. Suatu saat, tinggal dengan orang lain dalam satu kamar akan merasa jenuh dan cara mengatasinya adalah dengan kamu dan temanmu bisa saling berkumpul dikelompok kegiatan yang berbeda dan saat ada suatu acara kalian bisa saling meramaikan acara.

Dengan banyak berkumpul dan berkegiatan, kalian akan memiliki kesibukan yang berbeda dan tidak akan terlalu bosan untuk bertemu saat di dalam kamar kos. Kamu bisa memperkenalkan teman sekamarmu dengan teman kelompokmu dan begitu pula sebaliknya. Jadi bisa menambah teman, kan?

Demikian beberapa Pertimbangan Ketika Harus 1 Kamar Kos Dengan Teman. Harapannya adalah semoga teman sekamarmu bisa jadi tidak hanya sekedar teman tapi bisa berubah jadi sahabat karib yang mau membantu saat suka maupun duka.