Semakin lama, kebutuhan akan lahan yang berupa tanah semakin meningkat. Sedangkan lahan yang berupa tanah itu sendiri tidak pernah dapat bertambah. Hal ini menyebabkan semakin banyak orang yang berlomba untuk membeli tanah untuk dijadikan tempat investasi.

Tentu saja tanah berbeda dengan properti yang sudah menjadi bangunan. Tanah yang masih mentah atau kosong juga belum dapat memberikan hasil kepada pemiliknya. Namun walaupun demikian, jika anda pandai dalam membeli tanah, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan besar bagi anda di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda yang ingin membeli tanah untuk keperluan investasi.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Tanah
Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Tanah

1. Mencari Lokasi
Untuk mencari tanah yang sedang jual, kita dapat mencarinya di iklan-iklan koran lokal informasi dari teman, tetangga, ataupun dari marketing properti.

Bukan hanya itu, dalam mencari iklan, anda juga harus mencari banyak iklan untuk memperbesar peluang anda menemukan tanah yang menguntungkan. Yang perlu anda lakukan adalah mencari sebanyak mungkin iklan tanah dijual untuk anda pilih yang mana yang paling berpotensi.

2. Mengidentifikasi Lokasi yang Potensial
Selanjutnya, anda juga harus mampu mengidentifikasi lokasi tanah mana yang berpotensi untuk berkembang dan mengalami kenaikan harga dalam beberapa tahun ke depan.

Akan lebih baik jika tanah di lokasi yang akan anda beli ada di lokasi yang strategis. Sehingga tanah yang anda beli dapat mengalami perkembangan dalam beberapa tahun. Dan jangan membeli tanah yang ada di lokasi sulit berkembang.

3. Memperhatikan Legalitas Tanah
Sebelum membeli tanah, anda juga harus memperhatikan legalitas tanah yang akan anda beli. Apakah mempunyai izin HPL (Hak Pengelolaan Lahan) dan sebagainya.

Untuk memastikan legalitas sebuah tanah, anda bisa langsung memeriksanya langsung ke BPN atau Badan Pertahanan Nasional dan Jasa Notaris.

4. Bebas Sengketa
Untuk membeli tanah, anda juga harus memperhatikan status tanah tersebut. Anda harus memastikan bahwa status tanah yang akan anda beli adalah tanah yang bebas sengketa. Karena jika tanah yang akan anda beli masih ada dalam status sengketa seperti perkara pembagian harta warisan, tidak bersetifikat, harta gono-gini, disita oleh bank, dll akan memungkinkan anda untuk terkena masalah di kemudian hari.

5. Negosiasi
Saat anda melihat tanah yang akan anda beli untuk pertama kali, pastikan anda jangan langsung tertarik karena alasan apapun. Hal ini harus anda lakukan untuk menghindari mark-up harga dari si penjual karena sudah mengetahui anda menyukai tanah yang dijualnya akan anda beli walaupun harganya jauh lebih mahal.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya anda harus mengetahui harga pasaran tanah di lokasi tersebut, lalu ambil waktu untuk menganalisa potensi tanah. Jika anda menganggap tanah itu layak untuk di beli, anda bisa langsung melakukan negosiasi harga dan cara pembelian dengan si penjual.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan saat anda ingin membeli tanah untuk investasi. Semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber gambar : http://goo.gl/Mezh3R

Tag : Property, Tanah