Menjelang akhir bulan biasanya anak kos pasti sudah menyiapkan stok mie instan untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Minum air mulai dihemat, ajakan untuk jalan-jalan terus ditolak, dan cemilan-cemilan mulai tidak ada di kos. Kurang lebih seperti itulah kondisi yang dialami anak kos di akhir bulan. Berbanding terbalik dengan kondisi awal bulan. Dimana kalian sebagai anak kos masih memiliki uang bulanan yang masih utuh. Di awal bulan biasanya anak kos masih bisa makan enak, jalan-jalan, dan membeli cemilan-cemilan untuk stok di kos. Begitu terus diawal bulan hingga pertengahan bulan tidak terasa uang bulanan sudah menipis saja. Alhasil? Bokek di akhir bulan deh.

Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: liputan6.com
Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: liputan6.com

Bagi kalian yang sudah lama menjadi anak kos, tentu mengerti bagaimana rasanya ketika uang kalian di akhir bulan sudah habis. Padahal masih ada 10 hari lagi untuk menuju bulan berikutnya. Tapi uang sudah menipis, bagaimana harus bertahan hidup? Syukur-syukur jika masih 10 hari tersisa untuk menuju bulan baru. Kalau masih 2 minggu tersisa? Wah kebayang dong gimana susahnya berhemat agar bisa bertahan hidup sampai bulan selanjutnya.

Uang Bulanan Tidak Cukup, Harus Gimana Dong?

Menjadi anak kos memang tidak mudah. Banyak tantangan dan cobaan yang harus dilalui untuk bertahan hidup di perantauan. Salah satunya adalah tantangan untuk mengatur keuangan agar bisa bertahan hidup. Biasanya kendala yang sering dialami anak kos adalah uang bulanan yang tidak cukup. Minta dikirimkan uang lagi ketika uang bulanan harusnya masih cukup biasanya membuat kalian sebagai anak kos merasa bersalah kepada orangtua dan gagal mengatur diri. Iya kan? Lalu ketika uang bulanan tidak cukup, harus gimana dong?

Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: pexels.com
Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: pexels.com

Selain berhemat, sebenarnya kalian bisa melakukan pekerjaan sampingan yang bisa menambah uang bulanan kalian. Pekerjaan sampingan ini tidak harus pekerjaan elit. Pekerjaan serabutan saja sebenarnya cukup asalkan halal dan menghasilkan uang. Jika dalam sehari kalian bekerja bisa mendapatkan uang Rp20.000-Rp30.000,- saja sudah cukup membantu untuk uang makan kalian kan.
Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan anak kos untuk menambah uang bulanan adalah mengambil pekerjaan harian atau DW (daily worker). Selain gaji yang di dapat cukup banyak, daily worker juga tidak mengikat dalam waktu lama. Sehingga kalian tidak perlu takut akan terganggu dengan pekerjaan sampingan ini.

Mahasiswa Yang Merantau Wajib Coba DW

Kendala uang bulanan habis ini cenderung dialami oleh anak kos yang masih berstatus mahasiswa. Nah bagi kalian mahasiswa yang sedang berkuliah di rantauan, kalian wajib coba pekerjaan sampingan sebagai daily worker ini. Biasanya pekerjaan daily worker terbuka di bidang event atau hospitality seperti di rumah makan, restaurant, hingga hotel. Jika kalian sedang berada di Bali, pekerjaan DW ini tersedia banyak sekali. Salah satunya bisa kalian cek di www.lowonganhotelbali.com. Selain bisa menambah uang bulanan kalian, bekerja sebagai daily worker dapat menambah skill kalian dalam dunia kerja. Pengalaman bekerja sebagai daily worker akan membantu meningkatkan nilai tambah kalian nanti ketika mencari pekerjaan.

Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: pexels.com
Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos | sumber: pexels.com

Jadi bagaimana, masih mau menghadapi masa krisis akhir bulan karena uang bulanan habis? Yuk  coba bekerja sebagai daily worker untuk menambah uang bulanan kalin. Semoga artikel ini membantu.