Para pebisnis rumah kontrakan atau kamar kos di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta pasti sangat senang sekali jika ada orang yang menyewa bisnisnya. Pendapatan yang akan selalu datang setiap bulan cukup fantastis, dan pasti akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat pendatang. Seiring dengan perkembangan jaman, harga sewa kamar kos atau kontrakan juga pastinya akan berubah-ubah. Ada banyak sekali faktor, apakah berangsur menurun, atau juga naik. Nah, ini adalah tantangan buat anda yang ingin menaikkan harga sewa kos. Efek dari kenaikan harga ini pasti akan berdampak pada minat penyewanya. Efek terburuknya adalah mereka akan kabur dan pindah ke persewaan kos lain yang lebih murah. Lalu bagaimana strategi situ yang harus anda lakukan agar harga sewa kos anda bisa diterima dengan baik, dan tidak berdampak buruk?

kos1
Naikkan Harga Sewa Kos tetapi Tetap Diminati

Pertama dan yang paling utama, seharusnya anda mempertimbangkan lingkungan tempat kos anda berdiri, apakah disekitaran kompleks pertokoan, perkantoran, atau universitas dan sekolah. Dari lingkungannya sendiri, anda bisa menentukan pasar dan segmen konsumen yang akan menyewa kos anda. Sehingga, dengan mengetahui hal tersebut, anda bisa menentukan rentang harga sewa kos yang wajar. Nah, selanjutnya, ada beberapa item yang bisa anda jadikan alasan mengapa harga sewa kamar kos anda naik.

kos2
Naikkan Harga Sewa Kos tetapi Tetap Diminati

Buatlah kamar mandi dalam di setiap kamar. Kamar mandi dalam bisa menjadi alasan mahalnya sebuah kamar kos. Anda bisa membandingkan harga kamar kos yang memiliki kamar mandi dalam dan yang tidak. Cukup jauh selisihnya, bukan? Peminat kamar mandi dalam juga banyak, sehingga anda tidak perlu takut kehilangan konsumen. Selain itu, anda juga bisa menambahkan fasilitas internet di kos yang anda sewakan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, internet adalah sebuah kebutuhan yang pokok sekarang. Sebagian besar orang membutuhkan koneksi internet untuk mendukung pekerjaannya. Tentu penghuni kamar kos akan jauh lebih mudah untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kantornya di kos jika di kos dilengkapi dengan fasilitas internet. Selain dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi yang dibutuhkan saat sedang mengerjakan tugas, media internet juga dapat digunakan sebagai media hiburan karena dapat mengakses situs-situs yang berisi hiburan seperti video, musik, dan juga sosial media.

kos3
Naikkan Harga Sewa Kos tetapi Tetap Diminati

Selanjutnya, ada baiknya anda menyediakan fasilitas yang pokok untuk setiap kamar. Misalnya ranjang, kasur, meja dan kursi belajar, serta lemari. Dengan demikian, harga sewa kamar kos anda yang tadinya kosongan bisa anda naikkan dengan landasan fasilitas yang sudah anda sediakan. Selain itu, bisa juga ditambahkan fasilitas istimewa seperti TV kabel agar penghuni kamar kos nyaman dan betah tinggal di kamar kosnya. Terakhir dan yang juga cukup penting, sebaiknya anda menyediakan lahan parkir dan laundry. Jika target Anda adalah mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah, perlu kiranya bagi Anda untuk menyediakan lahan parkir yang luas dan jasa laundry. Kos Anda pasti akan menjadi incaran empuk bagi mereka calon penghuni kamar kos yang membawa mobil.