Menjadi penghuni kos sendirian artinya harus mengatasi hal-hal harian secara mandiri. Inilah yang ditemui oleh para perantau yang jauh dari keluarga, yang kehidupannya berbeda jauh jika dibandingkan dengan tinggal dirumah. Hampir sebagian besar penghuni kos adalah orang yang sedang merantau karena harus bekerja di kota lain, atau yang sedang menempuh sekolah atau perkuliahan yang jauh dari tempat tinggal. Apakah kalian termasuk penghuni kos juga?

Bagi kalian yang sudah pernah tinggal dikos, kalian pasti menyadari bahwa ada banyak hal yang akan mengagetkan selama menjadi penghuni. Hal-hal tersebut yang harus dipersiapkan dan diantisipasi oleh para calon penghuni kos. Oleh sebab itu, di artikel ini kalian akan mendapatkan informasi hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh penghuni kos baru. Mulai jadi Anak Kos? Siapkan hal-hal ini ya!

1. Persiapan Barang

Menghuni kamar kos tentunya akan menjadikan tempat itu sebagai rumah. Maka, kalian harus menyiapkan kamar tersebut seolah seperti rumah yang lengkap dengan perlengkapan keseharian. Beberapa yang perlu kalian siapkan adalah tempat tidur dan kasur, meja dan kursi, almari dan rak, hingga pakaian. Selain itu, kalian juga harus menyiapkan peralatan kebersihan seperti sapu, keset, serbet, lap meja, dan lain-lain. Untuk keperluan memasak dan makan, kalian juga harus mempersiapkannya seolah kalian sedang di dapur rumah. Kalian juga perlu mempersiapkan perlengkapan mandi, perlengkapan rias, hingga obat-obatan pertama.

Mulai jadi Anak Kos? Siapkan hal-hal ini ya! | sumber: pexels.com
Mulai Jadi Anak Kos? Siapkan Hal-Hal Ini Ya! | sumber: pexels.com

2. Persiapan Mental dan Diri

Inilah yang perlu diketahui bahwa selama tinggal di kos, kalian harus memiliki kesiapan mental. Kalian akan tinggal sendiri, dan mulai berdampingan dengan orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Berikut ini adalah persiapan yang perlu kalian ketahui:
a. Kesiapan dalam hal keuangan.
Menjadi anak kos berarti harus mengelola keuangan sendiri. Misalnya untuk anak kuliah yang masih dibiayai oleh orang tua atau bagi pekerja yang gajian tiap bulan, maka mereka harus mengelola keuangan agar tidak kehabisan. Biasanya anak kos akan tergoda untuk boros dalam hal finansial, jika sudah ada diskon belanja di mall atau kulineran dengan teman.

Mulai jadi Anak Kos? Siapkan hal-hal ini ya! | sumber: pexels.com
Mulai Jadi Anak Kos? Siapkan Hal-Hal Ini Ya! | sumber: pexels.com

b. Kesiapan dalam hal manajemen waktu & kemandirian.
Menjadi anak kos berarti harus melakukan apapun secara mandiri dan mengelola waktu dengan baik. Mereka harus dengan sangat pintar mengatur waktu kerja atau kuliah, waktu bermain, dan waktu istirahat.
c. Kesiapan dalam hal toleransi.
Tinggal di kos berarti akan tinggal dengan berbagai macam tetangga dari banyak latar belakang yang berbeda. Mereka juga pasti punya sensitifitas serta karakter yang berbeda. Oleh sebab itu, penghuni kos harus benar-benar belajar menjadi orang yang toleran, mau menerima dan hidup berdampingan dengan orang yang berbedakarakter dengan dirinya.

Mulai jadi Anak Kos? Siapkan hal-hal ini ya! | sumber: pexels.com
Mulai Jadi Anak Kos? Siapkan Hal-Hal Ini Ya! | sumber: pexels.com

Jadi kalian mulai siap untuk menjadi anak kos bukan? Pastikan kalian sudah benar-benar siap, bukan hanya kesiapan materi dan fasilitas yang akan kalian gunakan sehari-hari di kamar kos ya! Tetapi kalian juga harus menyiapkan diri menjadi perantau dan orang yang mandiri. Ketika sudah memutuskan menjadi penghuni kos, kalian harus pintar bergaul, pintar mengatur waktu, pintar mengatur jadwal istirahat, dan tentunya pintar melakukan segala sesuatunya sendiri.

Setelah mempersiapkan diri untuk menjadi anak kos, kalian akan merasakan beberapa suka duka menjadi anak kos. Apa saja sih suka dukanya? Yuk kita cek di artikel berikut “Suka Duka Anak Kos, Pernah Mengalami yang mana?” Semoga bermanfaat!