Lebaran tinggal beberapa minggu lagi. Rumah sudah harus dibenahi, karena akan ada banyak sekali pengunjung yang datang di hari Kemenangan itu. Terutama para keluarga yang datang dari kota lain, setelah menempuh perjalanan mudik yang jauh dan lama, pasti akan mendambakan kenyamanan hunian sementara di rumah anda. Nah, berikut ini akan diulas tentang bagaimana menyiapkan Ruang Tamu untuk Lebaran, terutama Ruang Tamu yang tergolong berukuran sempit. Jika kita memiliki rumah atau ruang tamu yang luas tentu tidak akan direpotkan walau harus menerima tamu cukup banyak, tapi jika rumah kita memiliki ruang tamu yang sempit tentu kita akan kerepotan saat beberapa tamu datang bersamaan. lalu bagaimana solusinya agar lebaran tetap nyaman walau ruangan dirumah kita sempit?

vas bunga untuk ruang tamu
Kursi untuk Ruang Tamu Sempit tetapi Nyaman

Mungkin anda perlu menyimpan terlebih dahulu perabotan-perabotan yang tidak penting saat Lebaran. Misalnya rak pajangan buku, peralatan elektronik yang jarang dihidupkan, atau barang-barang yang hanya menambah sempit ruangan. Simpan sementara diruangan lain yang aman dan mulailah dengan membersihkan setiap sudut ruang tamu dan keluarga agar suasana lebih sehat dan indah dipandang. Dengan demikian, luas ruang tamu anda bertambah, dan bisa anda gunakan untuk menempatkan kursi atau meja tambahan.

Tips yang kedua adalah perhatikan ukuran kursi dan meja tamu anda. Kita pasti pernah kan saat bertamu kerumah keluarga atau teman dan saat baru masuk bingung mau duduk dimana karena kursinya kurang atau ruangannya sempit. Nah bagaimana jika orang lain yang nanti datang kerumah kita? Apakah kursi atau ruangan kita sudah cukup bisa menampung para tamu dengan nyaman? Pertimbangan tersebut yang seharusnya juga anda antisipasi. Coba persiapkan dengan matang jumlah kursi yang akan anda masukkan dalam ruang tamu. Pastikan cukup untuk semua tamu anda, dan tentunya tidak menghalangi mobilitas anda dan para tamu di ruangan tersebut. Tidak ada salahnya mempersiapkan kursi cadangan atau jika memang lebih nyaman duduk melantai maka anda cukup persiapkan meja yang rendah dan karpet yang nyaman untuk duduk lesehan, yang penting tamunya nyaman dan suasananya tetap akrab.

6f34352077f84c7
Posisi Kursi dan Meja yang mempengaruhi Luas Ruangan

Hal lain yang kadang sering terjadi, setelah duduk di ruang tamu, seluruh meja dipenuhi makanan dan minuman bahkan dengan jumlah yang berlebihan. Lebaran adalah tentang silaturahmi, bukan perlombaan makan minum. Oleh sebab itu, seharusnya anda menata ruangan anda agar para tamu merasa seperti di rumah sendiri, tak ada salahnya juga jika menyimpan makanan diruangan yang terpisah agar tamu nantinya anda persilahkan untuk mengambilnya sendiri. Atau jika anda terpaksa meletakkan makanan diruang tamu pastikan agar jumlahnya tidak terlalu berlebihan agar ruangan tetap indah dan tamu anda tetap bisa menikmati hidangan. Meja yang terlihat sangat penuh dengan makanan dan cemilan justru akan membuat para tamu segan untuk mengambilnya dengan bebas.

interior-Ruang_tamu_di_hari_lebaran_105361979
Cemilan Meramaikan Meja di Hari Lebaran

Dikarenakan ruangan yang sempit, maka kebersihan dinding juga akan menjadi obyek yang para tamu lihat dengan jelas. Mereka akan dengan mudah menyaksikan dinding anda yang kotor ataupun kusam. Maka tak ada salahnya jika anda memperbarui warna dinding ruangan anda dengan warna yang cerah. Anda juga bisa meletakkan beberapa foto yang bagus atau lukisan yang sesuai sebagai pemanis dinding ruangan. Nah, itulah tadi beberapa tips simpel yang bisa anda tiru untuk mempersiapkan ruangan sempit anda menyambut para tamu di hari Kemenangan.