Adakah kalian yang sedang bingung menentukan untuk tinggal di kos atau tidak? Atau ada yang sedang kebingungan menentukan kamar kos yang akan dipilih dari banyak opsi? Banyak orang yang kadang akan sangat kebingungan untuk menentukan kamar kos mana yang akan disewa, apakah yang eksklusif atau dengan biaya agak mahal; atau yang biasa saja dengan biaya yang lebih murah? Sebenarnya ada keuntungan dari masing-masing jenis kamar kos tersebut. Begitu juga sebaliknya, mungin ada kekurangan juga dari keduanya. Yuk kita simak ulasan tentang menimbang antara kos elite dengan kos standar.

1. Kos Elite/Eksklusif

Kos elite atau eksklusif akan identik dengan harga sewa yang mahal. Bagi calon penghuni yang mampu menyewanya, ini tidak akan jadi masalah. Tapi bagi orang yang uangnya pas-pasan, dia akan mempertimbangkannya berulang kali. Sebenarnya, ada banyak hal yang menguntungkan jika kalian menyewa kamar kos elite, yaitu:
a. Biasanya akan lebih terawat, baik itu fasilitas kos maupun kebersihan lingkungan
b. Penghuni akan memiliki pelayanan yang lebih intensif
c. Kos akan berlokasi di tempat yang strategis dan gampang dijangkau. Selain itu biasanya juga akan dekat dengan pusat pelayanan publik, mulai dari Supermarket/Pasar, ATM, Rumah Sakit, Sekolah, dan lainnya.
d. Pengamanan yang ketat tetapi aturan cukup longgar

Menimbang Antara Kos Elite dengan Kos Standar | sumber: pexels.com
Menimbang Antara Kos Elite dengan Kos Standar | sumber: pexels.com

2. Kos Standar

Menyewa kamar kos yang murah bukan berarti memilih kamar yang sembarangan. Di berbagai tempat, kamar kos memang biasa dibandrol lebih murah, kemungkinan besar karena lokasinya yang kurang strategis, atau memang model bangunannya yang sudah lama. Biasanya, kamar kos yang harganya murah memang ditujukan untuk kalangan menengah kebawah, dan juga disesuaikan dengan layanan serta fasilitas yang disediakan. Berikut ini adalah beberapa ulasannya kenapa kamar kos harganya murah:
a. Hanya disediakan kamar kosongan, penghuni harus melengkapi perlengkapan kos dengan barang-barang sendiri
b. Masih ada biaya tambahan untuk beberapa fasilitas, misalnya listrik, air, internet, dan lainnya
c. Biasanya ada di lingkungan rumah yang heterogen dan padat penduduk

Menimbang Antara Kos Elite dengan Kos Standar | sumber: pexels.com
Menimbang Antara Kos Elite dengan Kos Standar | sumber: pexels.com

Secara umum, tidak ada salahnya untuk memilih kamar kos elit maupun standar. Karena pada dasarnya, harga sewa yang harus dibayarkan adalah harga dari fasilitas yang diberikan. Jika kalian menginginkan fasilitas yang ekstra, maka harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kamar kos yang memiliki fasilitas biasa.

Nah jika kalian sudah menentukan akan memilih kos elite atau kos standar, yuk simakĀ  hal-hal yang selanjutnya harus disiapkan untuk menjadi anak kos pada artikel Mulai Jadi Anak Kos? Siapkan Hal-Hal Ini Ya!