Mengapa harus ganti furniture dan perabot rumah anda ketika Lebaran? Siapa yang mengharuskan seperti itu? Ingat, lebaran bukan berarti isi rumah harus baru semua. Perhatikan semua perabot anda yang rencananya akan anda singkirkan, dan anda ganti dengan yang baru. Memangnya kondisinya sudah rusak? Atau anda sudah tidak nyaman melihatnya? Kalau furniture dirumah anda masih bisa digunakan, cukup panggil tukang servis saja. Sedikit kreativitas bahkan bisa mengubah furnitur lama jadi berpenampilan baru.

lebaran5
Barang Bekas menjadi Property Rumah yang Berguna

Ternyata ada banyak hal yang bisa membuat perabotan rumah anda yang sudah usang dan lama, menjadi sesuatu yang baru dan enak dipandang. Hal pertama, mungkin anda hanya butuh untuk melakukan perbaikan kecil. Periksa menyeluruh kondisi furnitur anda. Yang perlu anda lakukan, copot dan ganti paku atau engselnya yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu, terutama jika anda ingin mengecat ulang. Cek furnitur anda apakah ada tanda kerusakan oleh rayap. Jika ada, cegah dari kerusakan yang lebih parah dengan menyemprot atau melapisnya dengan cairan antirayap.

lebaran4
Barang Bekas menjadi Property Rumah yang Berguna

Setelah 2-3 tahun penggunaan, laminate (HPL) pada furnitur biasanya mulai lepas. Khususnya pada ujung atau sudut furnitur. Apalagi jika sering terkena air atau lembap. Anda mungkin bisa memperbaikinya sesegera mungkin sebelum terjadi kerusakan yang parah. Gunakan lem kayu untuk merekatkannya kembali. Oleskan lem merata pada bagian belakang laminate. Tekan dengan alat penjepit hingga merekat sempurna, tunggu lem mengering, dan kemudian lepaskan. Furniture anda niscaya akan menjadi lebih baik

lebaran3
Barang Bekas menjadi Property Rumah yang Berguna

Anda juga bisa melakukan pengecatan ulang, pada furniture anda yang sudah berwarna kusam. Furnitur berbahan kayu atau besi umumnya menggunakan cat oil based (berbahan dasar minyak). Cat ini memberi efek kilap. Yag perlu anda lakukan, bersihkan cat lama pada furnitur yang akan dicat dengan amplas agar hasil pengecatan lebih baik. Gunakan cat khusus dengan efek washed (luntur), crack (retak) atau sandstone (berpasir) untuk hasil yang unik. Sebaiknya cat khusus ini tidak diaplikasi di atas lapisan cat lama. Dengan cara ini, anda justru bisa berkreasi pada furniture tersebut, anda bisa megkombinasikan warna atau gambar karya anda sendiri.

lebaran1
Barang Bekas menjadi Property Rumah yang Berguna

Selain beberapa teknik simpel diatas, anda bisa menempelkan sticker atau memberikan lapisan mozaik agar furniture anda yang kusam, usang, dan membosankan tersebut dapat tampil dengan maksimal di hari Lebaran esok. Selamat berkreasi!