Memiliki lahan yang sempit dan juga memiliki bangunan rumah yang minimalis akan membuat pemiliknya bingung. Bagaimana tidak? Mengoptimalkan lahan dan bangunan yang terbatas untuk semua kebutuhan keluarga adalah susah. Tetapi ternyata tidak, ruangan yang minimalis dan juga berukuran kecil bisa dioptimalkan hingga berfungsi ganda. Rumah sejatinya menjadi tempat berkumpulnya keluarga di malam hari untuk saling berbagi cerita. Rumah minimalis yang dirancang tidak hanya menerapkan prinsip-prinsip minimalis di dalamnya, namun juga harus bisa memenuhi kebutuhan sang pemilik rumah, termasuk kebutuhan akan ruang yang mampu menghadirkan seluruh anggota keluarga untuk bisa saling bercerita.

ganda5
Satu Ruangan dipadatkan untuk Beberapa Fungsi
ganda4
Muntifunction Room

Ruangan yang sering dimanfaatkan untuk hal tersebut adalah ruang keluarga dan ruang makan. Tapi bagaimana jika rumah berukuran kecil ini mampu mengakomodir kebutuhan tersebut? Sementara belum lagi membuat kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan dapur. Ruangan-ruangan pada rumah minimalis tidak selamanya bisa berdiri sendiri-sendiri. Dengan keterbatasan lahan, ruangan-ruangan tersebut harus bisa memiliki fungsi ganda. Desainer seringkali merancang rumah minimalis dengan membiarkan ruang tamu sendiri, kamar tidur sendiri. Namun menyatukan ruang keluarga dan ruang makan. Alangkah baiknya jika kedua ruangan ini disatukan. Dimana pada saat malam hari, saat makan malam, para anggota keluarga bisa juga bersantai sambil menikmati acara televisi favorit. Tata ruang seperti ini, sering dimanfaatkan oleh para desainer.  Jika space ruangan untuk dapur telah habis, dapur bisa diletakkan di luar, yaitu di halaman belakang. Hal ini juga menghindari terlihatnya dapur oleh tamu, jika ruang tamu dan ruang makan tidak memiliki batas.

ganda2
Ruangan Minimalis Multifungsi

Lain halnya dengan tempat tidur untuk anak-anak anda. Kamar tidur merupakan ruangan yang harus selalu ada dalam setiap rumah. Menata kamar tidur untuk rumah minimalis susah-susah gampang terlebih lagi jika kebutuhan ruangan ini banyak dan harus mengorbankan salah satu ruangan. Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya rencanakan rumah Anda dengan matang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Perhatikan juga jika ada sisa tanah, bisa dioptimalkan dengan pengembangan hunian anda.

ganda3
Ruang Kerja di dalam Ruangan Santai Keluarga
ganda1
Ruang Keluarga sekaligus Ruangan Makan