Hampir semua hunian menggunakan gorden, dengan berbagai fungsi yang berbeda. Gorden biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau penghubung antar ruangan. Salah satu fungsi gorden adalah sebagai penghalau agar aktivitas di dalam ruangan tidak terlihat atau sekedar pembatas. Fungsi lainnya juga mampu mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Sinar matahari yang terik dapat mengganggu kenyamanan penghuni dalam ruangan juga dapat merusak perabot yang ada di sekitarnya. Diperlukan pemilihan model, motif, dan juga warna yang sesuai dengan keinginan  agar suasana dapat terbangun dengan baik. Apa saja yang seharusnya dipertimbangkan?

gorden5
Goden menjadi Penghias dan Pemanis Ruangan

Kegunaan atau fungsi yang diharapkan dari gorden dapat menjadi pertimbangan dalam memilih gorden. Misalnya jika hanya sebagai penghias ruangan atau sebagai partisi ruangan, penggunaan gorden berjenis vitrase dapat dipilih. Model yang terbuat dari manik-manik, kerang, atau batu-batuan dapat menjadi pemanis ruangan. Tetapi, tentu saja model seperti ini tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga tidak cocok jika Anda ingin menggunakan gorden untuk menutup pandangan dari orang di luar.

gorden4
Goden menjadi Penghias dan Pemanis Ruangan

Pertimbangan lain adalah bahan yang digunakan untuk membuat gorden tersebut. Ada berbagai macam pilihan bahan yang dapat digunakan sebagai pembuat gorden, dan tentunya setiap bahan akan memiliki ciri dan keuntungan masing-masing dalam penggunaannya. Misalnya, apakah anda menginginkan gorden berkesan lentur, ringan atau gelap dan mampu memendam suara, atau sebaliknya? Anda memilih bahan yang ringan seperti katun, satin, linen atau polyester. Jenis lain yang bisa anda pilih adalah beludru, organza dan paloma yang lebih berat dan juga dapat membuat kedap suara dan menyerap sinar matahari.

gorden3
Goden menjadi Penghias dan Pemanis Ruangan

Pertimbangan kesesuaiannya dengan model rumah anda akan menjadi nilai tambah. Gorden akan menjadi penyempurna desain suatu ruangan. Memilih gorden yang sesuai dengan desain rumah, khususnya ruangan akan menjadikan keseluruhan tema ruangan tercipta dengan baik. Misalnya, anda bisa menyesuaikan dengan warna dinding, furnitur, dan juga kerumitan desain rumah. Misalnya, jika rumah Anda bergaya klasik, Anda dapat memilih gorden dengan model dengan desain yang rumit. Sedangkan jika rumah Anda bergaya minimalis, gorden dengan model minimalis, misalnya gorden satu warna polos dengan smocked ring berkesan simpel atau dengan vitrage putih dengan model kupu-kupu cocok untuk desain minimalis. Dalam hal ini penentuan warna, model dan motif menjadi hal yang terutama.

gorden2
Goden menjadi Penghias dan Pemanis Ruangan

Hal terakhir yang akan menjadi gong dari semua pertimbangan anda adalah budget. Harga atau budget untuk membeli gorden juga menjadi pertimbangan. Yang terutama menentukan harga suatu gorden antara lain bergantung pada bahan yang dipilih, model dan aksesories pelengkap gorden. Pastikan anda mempertimbangkan semuanya ini, dengan juga melihat harga yang akan anda bayarkan. Semuanya itu akan mempengaruhi kenyamanan anda dan keluarga.

gorden1
Goden menjadi Penghias dan Pemanis Ruangan