Hidup menjadi anak kos merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk membentuk karakter mandiri. Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, menjadi anak kos memberi beberapa manfaat positif yang bisa kalian baca pada artikel Manfaat Menjadi Anak Kos.
Ketika kalian memustuskan untuk meniti karier di perantauan, kalian sebenarnya telah membuat suatu keputusan besar yang berani. Sebab, tinggal jauh dari keluarga bukanlah hal yang mudah. Mungkin sebagian anak kos pasti mengalami home sick ketika diawal masa rantauan. Yang awalnya bangun pagi selalu melihat keluarga, tapi sejak menjadi anak kos bangun pagi hanya seorang sendiri dan mulai beraktifitas sendirian. Namun seiring berjalannya waktu perasaan home sick itu dapat diatasi karena sudah terbiasa sendiri. Bukan begitu bukan?

Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: pexels.com
Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: pexels.com

Salah satu perubahan yang akan kita alami ketika menjadi anak kos adalah kita akan menjadi lebih mandiri. Tinggal sendiri membuat kita memiliki tanggung jawab atas diri sendiri. Mulai dari membersihkan kamar, menyiapkan pakaian, membeli kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan MCK (Mandi Cuci Kakus) hingga kebutuhan makanan.

Mengatur Keuangan Agar Kebutuhan Sehari-Hari Terpenuhi

Sebagian anak kos tentu sudah merasakan bagaimana harus mengatur keuangan agar kebutuhan tersebut terpenuhi. Biasanya salah satu cara paling ampuh digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut adalah dengan berhemat. Ketika anak kos memutuskan untuk berhemat, kalian harus pandai mengatur skala prioritas. Mana yang memang harus dibeli, dan mana yang bisa mereka kerjakan sendiri untuk menghemat pengeluaran.
Nah salah satu kebutuhan yang bisa kalian hemat adalah kebutuhan makanan sehari-hari. Mungkin membeli makanan tiga kali sehari awalnya tidak terasa berat bagi kalian yang baru-baru merantau menjadi anak kos. Tapi hati-hati, justru pengeluaran yang tidak terasa ini lah yang nantinya akan banyak menghabiskan uang kalian. Anggap saja dalam satu hari kalian membeli makanan tiga kali. Satu kali makan kalian habiskan sejumlah Rp20.000,-. Dikalikan tiga, total uang yang sudah dihabiskan untuk makan sudah mencapai Rp60.000,-. Kemudian dikalikan 30 hari, menjadi Rp1.800.000,-. Jika uang bulanan kalian tidak lebih dari Rp3.000.000,- setengah dari uang bulanan kalian sudah habis untuk membeli makan saja. Lumayan banyak juga ya? Lalu bagaimana agar kita bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan makanan?

Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: pexels.com
Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: pexels.com

Hari Libur Masak Sendiri

Yup! Masak sendiri di hari libur akan membantu kalian untuk berhemat. Mungkin di hari kerja aktifitas kalian akan dipadati oleh urusan kantor atau bagi mahasiswa di hari sekolah akan dipenuhi oleh jadwal kuliah dan tugas-tugas. Sehingga kalian tidak sempat untuk masak. Lalu bagaimana dengan hari Sabtu dan Minggu? Atau hari libur lainnya?
Nah hari libur inilah yang bisa kalian jadikan kesempatan untuk berhemat sekaligus menambah kemampuan kalian memasak! Sebenarnya banyak sekali menu masakan sederhana yang hanya membutuhkan modal Rp15.000,- untuk dapat kalian nikmati seharian. Di hari kerja pun kalian bisa memasakn menu sederhana seperti tempe goring, telur, sayur hijau, dan menu-menu sederhana lainnya.

Cari Resep Masakan Online

Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: reseppedia.com
Masak Sendiri, Cara Hemat Anak Kos | sumber: reseppedia.com

Bagi kalian yang belum mempunyai skill masak, kalian tidak usah bingung karena kini banyak sekali resep-resep masakan yang bisa kalian akses secara online. Salah satunya adalah di www.reseppedia.com. Reseppedia merupakan platform yang menyediakan menu masakan sederhana yang bisa dikerjakan oleh anak kos. Jangan takut bereskperimen untuk bisa memasak ya! Karena jika tidak pernah dicoba, kalian tidak akan tau seberapa kemampuan kalian. Siapa tau dengan terbiasa memasak, kalian jadi jago memasak dan bisa membuat menu camilan untuk kemudian dijual ke teman-teman kantor atau kuliah kalian. Lumayan kan menjadi pemasukan tambahan. Ngomong-ngomong tentang pemasukan tambahan, artikel Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Uang Jajan Anak Kos dapat membantu kalian untuk menimbang-nimbang pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan anak kos untuk menambah penghasilan.
Well, bagaimana anak kos? Sudah siap untuk masak dan berhemat? Semoga artikel ini bermanfaat ya!