Bagi sebagian orang tua, mereka memilih menyekolahkan atau mengirimkan anaknya untuk kuliah di luar kota. Atau bagi para pekerja muda, mereka lebih memilih untuk bekerja di perantauan, daripada di kampung halaman yang dekat dengan orang tua. Mengapa demikian?

Ternyata sebagian orang punya alasan kesengajaan tersendiri untuk tinggal di kos. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian petik, jika sejak dini kalian sudah memberanikan diri tinggal sendirian, jauh dari keluarga. Apa sajakah manfaat menjadi anak kos tersebut? Mari kita simak ulasan berikut!

1. Manajemen Waktu

Tinggal sendiri dengan menyewa kos maka akan membuat kalian menjadi mengurusi semua hal sendirian. Kalian tidak akan lagi diingatkan untuk bangun pagi, mandi, sarapan, makan siang, waktu tidur, hingga beribadah. Ini menjadi salah satu tantangan terbesar karena kalian akan jauh dari keluarga yang selama ini perhatian.
Nah, karena kalian tinggal sendiri, kalian akan belajar untuk mengelola waktu kalian secara mandiri. Kalian harus dengan tepat mengatur jadwal keseharian kalian, agar semua urusan terlewatkan dengan baik. Terutama bagi yang kuliah, deadline tugas dan ujian pasti akan membutuhkan komitmen waktu yang tinggi. Lalu bagaimana kalau kalian tidak bisa mengaturnya?

Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com
Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com

2. Manajemen Keuangan

Salah satu tantangan terbesar jika sudah tinggal sendiri adalah mengatur keuangan. Bagi penghuni kos yang jauh dari orang tua, kalian akan dengan sangat mudahnya menghabiskan uang bulanan. Mulai dari belanja sana sini, kulineran tidak kenal waktu, main game online, hingga membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Ketika menyadari bahwa keuangan harus dikelola, maka menjadi anak kos akan menjadi momen yang sangat tepat untuk mempelajarinya. Uang bulanan yang kalian dapatkan bisa dialokasikan secara tepat karena kalian mau belajar dan mampu menahan keinginan yang tidak penting. Kalau kalian bisa menabung, siapa yang akan mendapat keuntungannya?

Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com
Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com

3. Pergaulan yang Beragam

Menjadi penghuni kos maka kalian akan dikenalkan dengan tetangga baru yang berasal dari berbagai perbedaan, mulai dari agama, asal daerah, cara bicara, kebiasaan baik, bahkan kebiasaan buruknya. Jika kalian pandai bergaul, maka kalian akan mendapatkan banyak hal positif yang baru. Kalian akan saling belajar satu sama lain, tentang kebiasaan baik dan juga sisi positif masing-masing.

Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com
Manfaat Menjadi Anak Kos | sumber: pexels.com

Nah, itu tadi beberapa ulasan tentang manfaat menjadi anak kos. Kalian tidak perlu khawatir jika ingin mulai tinggal sendiri di kos. Karena dengan memberanikan diri, kalian akan mendapatkan banyak pengalaman baik untuk bekal kehidupan kelak.

Untuk kalian yang sudah membulatkan tekadnya untuk merantau menjadi anak kos, yuk simak artikel tentang menimbang antara kos elite dengan kos standar sebagai referensi dalam menentukan pilihan kos. Semoga bermanfaat!