Rumah kos adalah salah satu usaha yang sekarang ini sudah semakin banyak yang melirik, khususnya di tempat-tempat yang ramai peminatnya seperti lokasi kampus, perkantoran dan tempat kerja. Tingginya peminat usaha rumah kos ini tentu saja karena adanya potensi penghasilan yang baik dengan cara kerja yang cukup mudah.

Namun jika anda salah dalam memilih rumah kos saat membeli, anda bisa saja mengalami kerugian yang dapat memberatkan keuangan anda.

 

Jangan sampai Rugi Membeli Rumah Kos
Jangan sampai Rugi Membeli Rumah Kos

Pada artikel yang kita bahas kali ini tidak akan mengulas tentang harga rumah atau potensi pendapatan yang kita dapat dari rumah kos. Tetapi kita akan membahas biaya atau pengeluaran yang timbul setelah membeli rumah kos tersebut.

Inilah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda mengalami kerugian yang besar karena penguaran untuk merenovasi rumah kos tersebut.

1.    Motivasi dari Penjual
Sebelum anda membeli sebuah rumah kos, anda harus mengetahui motivasi atau latar belakang dari si penjual rumah tersebut. Hal tersebut harus kita ketahui sebagai tolak ukur harga yang dapat kita tawarkan dalam membeli rumah tersebut nantinya.

Contohnya saja, jika penjualnya ingin butuh uang cepat, di pindah tugaskan, pindah kota, membutuhkan biaya pengobatan atau apapun yang dapat membuat kita menekan harga beli rumah tersebut, kita dapat membeli rumah tersebut dengan harga yang lebih rendah.

Ada juga pemilik rumah yang menjual rumahnya karena rumahnya bermasalah, seperti tinggnya biaya perawatan rumah, bangunan yang sudah tua, atap yang bocor dan hal lainnya yang dapat membuat biaya renovasi yang tinggi jika ingin memperbaikinya.

Hal tersebut yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Anda dapat menebak apa yang akan anda hadapi nanti sebelum anda membeli rumah tersebut.

2.    Identifikasi Masalah
Agar dapat mengetahui masalah dari rumah yang akan anda beli, ada baiknya jangan langsung percaya pada keterangan si penjual. Akan lebih baik jika anda langsung mendatangi rumah yang akan anda beli dan langsung menenyakan pada penghuni rumah tersebut apa saja keluhan yang mereka alami. Untuk info yang lebih lanjut, anda juga dapat bertanya kepada para tetangga sekitar.

3.    Biaya Pengeluaran
Jika nantinya anda akan membeli sebuah rumah kos, ada baiknya anda menghitung dahulu berapa total biaya yang harus anda keluarkan jika anda harus merenovasi rumah tersebut.

Kalau anda merasa keberatan karena harus mengeluarkan dana yang besar, maka akan lebih baik anda tinggalkan saja dan cari property lainnya yang memiliki prospek lebih baik.

Itulah beberapa hal penting yang harus kita ketahui ketika anda ingin membeli rumah kosan agar anda tidak mengalami kerugian nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Tag : Kos, Rumah Kos