Merantau ke kota yang jauh dari tempat tinggal menjadi pilihan yang sangat sulit. Namun terkadang, situasilah yang memaksakan kita untuk menjadi anak perantauan. Disinilah kita mulai mengenal dunia baru yang sebenarnya, merombak sebuah batasan, dan membentuk kebiasaan baru.

Banyak hal yang bisa kamu pelajari sebagai anak perantauan. Hal – hal berikut adalah pelajaran yang akan kamu petik khusus hanya untuk anak perantauan.

1. Memiliki Jadwal yang Padat dan Teratur

Memiliki Jadwal yang Padat dan Teratur | bundaaisyah.com
Memiliki Jadwal yang Padat dan Teratur | bundaaisyah.com

Sebagai anak perantauan, berarti kamu sudah siap menjalani segalanya sendirian. Disaat ini kamulah yang sepenuhnya mengatur jadwal kehidupan kamu. Mulai dari jam Kerja atau Kuliah hingga hal hiburan sekalipun. Kamu dapat membentuk pribadi yang kamu inginkan dari sini. Menjadi hal yang tidak mungkin kan, kalau kamu hanya menghabiskan waktu seharian di kamar kos? Daripada terus-menerus merasakan kesepian yang mendalam, lakukanlah segala sesuatu pekerjaan yang sejalan denganmu. Disaat seperti inilah kamu dapat menyasiati kesepian dengan segala kesibukan. Atur jadwalmu sepadat dan seteratur mungkin, kamu adalah orang yang sibuk dan tak kan pernah bosan mulai dari sekarang.

2. Menjadi Pribadi yang Mandiri

Menjadi Pribadi yang Mandiri | hipwee.com
Menjadi Pribadi yang Mandiri | hipwee.com

Hidup sendiri. Melakukan segalanya sendirian. Disaat perantauanlah kamu diuji tentang sebuah kemandirian. Apabila dulu saat dirumah selalu ada orangtua yang membantu menyiapkan segala keperluan kamu, sekarang kamu terpaksa harus mengurus semuanya sendirian. Hal indah di rumah dulu segera berlalu, kamu harus terus tumbuh dan berkembang, menjadi pribadi yang lebih mandiri. Mulai dari tidur, makan, nyuci, hingga saat sakitpun kamu hanya sendirian. Ayo, kamu harus bisa mandiri dan mengalahkan semua rintangan hidup ini!

3. Menjadi Pribadi yang Disiplin

Menjadi Pribadi yang Disiplin | wordpress.com
Menjadi Pribadi yang Disiplin | wordpress.com

Apabila kamu merupakan anak perantauan, kamu pasti tahu bahwa kamu telah ditakdirkan menjadi pribadi yang disiplin. Tak akan ada lagi bangun kesiangan kalau kamu ingin kuliah dan pekerjaanmu tak terlantarkan. Tak ada lagi rasa malas yang melekat di dalam diri kalau kamu ingin menjadi orang yang sukses. Di saat ini, mau – tidak mau kamu menjadi pribadi yang lebih disiplin daripada diri kamu yang sebelumnya. Ingat! Tak maukan kalau perjuanganmu sejauh ini menjadi sia – sia?

4. Lebih Mengerti Orang Lain

Lebih Mengerti Orang Lain | top10indo.com
Lebih Mengerti Orang Lain | top10indo.com

Disaat perantauan, kamu akan tinggal sendirian pada awalnya. Namun semuanya akan berubah dengan sendirinya apabila kamu bisa beradaptasi dan mengerti orang lain. Kamu akan mengerti tentang perasaan orang lain dan teman – temanmu lebih dalam lagi. Kamu tak akan menjadi pribadi yang masa bodoh tentang lingkungan sekitar. Tak ada lagi kata egois, karena kamu sudah saling mengerti dengan orang – orang disekelilingmu.

5. Belajar dari Kejadian yang Terjadi

Belajar dari Kejadian yang Terjadi | vectormarketing.ca
Belajar dari Kejadian yang Terjadi | vectormarketing.ca

Banyak hal yang dilalui saat kamu mulai tinggal sendirian. Mulai dari kesalahpahaman hingga berbagai macam kejadian yang memalukan. Tentunya hal ini akan memperbaiki diri kamu kedepannya. Kamu akan banyak belajar dari berbagai hal yang terjadi. Pengalaman menjadi hal yang sangat penting bagi kamu. Disaat ini jugalah kamu mulai belajar beradptasi, memahami adat – istiadat dan cara bersikap di lingkungan sekitar.

6. Belajar Berhemat

Belajar Berhemat | finansialku.com
Belajar Berhemat | finansialku.com

Mau ini, mau itu, tapi uang cuma segini. Hmm, kamu harus pintar menyiasati keuangan kamu. Dengan kata lain, disinilah kamu akan dipaksa secara tidak langsung untuk berhemat. Kamu harus mengerti kapan kamu akan menerima gajian atau kapan kamu akan menerima uang kiriman. Kamu juga belajar, bagaimana cara menghabiskan uang yang tepat. Hati-hati, terlau sering bermewah – mewahan akan membuat kamu tercekik!

7. Belajar Memotivasi Diri Sendiri

Belajar Memotivasi Diri Sendiri | http://myventurepad.com
Belajar Memotivasi Diri Sendiri | http://myventurepad.com

Hidup sendiri berarti tidak ada lagi suara omelan orangtua yang bikin ngangenin. Tak ada lagi nasihat dan motivator nyata di sekitar kamu. Maka, kamu harus bisa memotivasi diri sendiri. Kamu harus keluar dari zona malas kamu. Kalau sekedar bermalas – malasan di kamar kos, tidak akan ada manfaatnya. Percumakan merantau jauh – jauh akhirnya cuma guling-gulingan aja.

Nah, itu dia beberapa pelajaran yang bisa kamu ambil apabila kamu merupakan anak perantauan. Terus berjuang dan jangan menyerah ya!