Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah Yang Baik Dan Benar – Sebelum anda mendaftar kuliah, tentunya anda harus menyiapkan berkas-berkas yang yeng diperlukan. Ada beberapa berkas yang menjadi persyaratan anda saat mendaftar kuliah. Berkas tersebut anda harus lengkap dan semua persyaratannya agar dapat diterima pada saat pendaftaran.

Dewasa ini, pendaftaran kuliah sudah dilakukan secara online. Dimana, sebagian berkas yang menjadi persyaratan dapat anda upload pada situs yang diberikan oleh kampus. Keunggulan dari pendaftaran online adalah membuat semua menjadi praktis dan lebih efisien waktu karena dapat kalian lakukan dirumah.

Biasanya jikalau anda sudah diterima menjadi mahasiswa, anda akan diberikan pemberitahuan untuk pendaftaran ulang. Pada pendaftaran ulang, ada beberapa berkas yang harus anda kumpulkan langsung di kampus. Dari sekian berkas, ada salah satu berkas yang penting saat pendaftaran, ialah Surat Pernyataan Orang Tua. Mungkin banyak yang sudah mengetahui tentang surat ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Apa Itu Surat Pernyataan Orang Tua ?

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah Yang Baik Dan Benar
Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah Yang Baik Dan Benar | Image Source : Pexels.com

Surat pernyataan orang tua adalah surat yang didalamnya berisikan tentang pernyataan persetujuan dari orang tua untuk salah satu pihak/instansi. Contohnya, dalam surat pernyataan orang tua saat pendaftaran kampus. Orang tua menyatakan bersedia atau mensetujui anaknya akan mendaftar pada universitas tersebut dan akan memenuhi segala penunjang pendidikan anaknya.

Fungsi dan Tujuan Pembuatannya

Surat pernyataan orang tua ini digunakan untuk mendaftar sekolah atau kampus yang biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan penting. Pembuatan surat ini bertujuan agar instansi terkait mendapatkan informasi yang benar dari orang tua pernyataan orang tua calon siswa/mahasiswa yang mendaftar. Agar mendapatkan informasi lebih jelas dari orang tua dan dapat memprosesnya jika disetujui.

Cara pembuatan surat pernyataan ini pun masih sama dengan surat pernyataan lainnya. Berisikan,

  1. Kop surat
  2. Identitas Orang tua yang bertanda tangan dan identitas anak
  3. Isi/ Pernyataan dari orang tua
  4. Tangga pembuatan surat
  5. Tanda tangan orang tua

Perlu diperhatikan saat pembuatan surat ini diharuskan menggunakan kata yang baku dan tidak bertele-tele. Selain itu, anda wajib menerangkan hal yang sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa karena surat ini merupakan surat formal atau surat penting. Pada akhir surat diharuskan mengisi tanda tangan yang bersangkutan yang membuat pernyataan tersebut. Bisa disimpulkan bahwa surat ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan.

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah

 

SURAT PERNYATAAN ORANG TUA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : …………..

NIK : …………..

Alamat : …………..

Merupakan orang tua dari Calon Mahasiswa Baru :

Nama : …………..

Tempat/Tgl Lahir : …………..

Jenis Kelamin : …………..

Alamat : …………..

Dengan ini menyatakan jika saya tidak keberatan anak saya mendaftar dan kuliah di Universitas ………….., Jl. …………… Saya juga menyatakan untuk bersedia memenuhi semua kebutuhan pendidikan anak saya, serta membayar uang biaya kuliah di kampus. Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.

……….. , ………………….

Yang Menyatakan,

…………………………..

 

Download Contoh Surat Pernyataan Orang Tua disini.

Sekian Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Untuk Kuliah Yang Baik Dan Benar dari kami. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang mencari contoh surat pernyataan orang tua yang baik dan benar.