Musim hujan yang sudah tiba memberikan dampak yang luar biasa banyak untuk kehidupan masyarakat. Mulai dari banjir dan penyakit-penyakitnya, sampai dengan rumah-rumah yang bocor. Bagi pemilik rumah yang sudah bersiap untuk menghadapi musim hujan, maka mereka akan mengecek kondisi atap rumah agar tidak bocor ketika musim hujan tiba. Atap adalah salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah bangunan rumah tinggal. Untuk itu ketika terjadi kebocoran atau kerusakan pada atap rumah anda, tentu kenyamanan anda dan keluarga menjadi terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi atap rumah yang bocor?

jualrumahjakartadotcom
Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor (Sumber : jualrumahjakarta.com)

Hal pertama yang wajib untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan berkala pada atap rumah anda. Walaupun pada musim kemaraupun, anda harus tahu kondisi atap rumah anda. Pengecekan secara rutin bisa dimulai dengan membersihkan atap dari kotoran endapan pasir, dan lumut yang bisa memicu keretakan dan pada atap. Bersihkan juga talang air dari sampah dan kotoran lainnya, sehingga aliran air ketika turun hujan tidak tersumbat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengecek setiap posisi genteng, jika ada genteng yang turun atau bergeser, maka secepatnya anda betulkan kembali agar kembali ke posisi semula. Jangan sampai air hujan dan angin masuk melalui celah genteng. Anda juga wajib memeriksa konstruksi genteng yang terbuat dari kayu, apakah kondisinya masih kokoh dan aman, atau perlu diganti.

teknikbangunandotcom
Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor (Sumber : teknikbangunan.com)

Jika sudah terjadi kebocoran, ada beberapa trik agar anda bisa cepat mengatasinya. Pertama, anda tentunya harus memeriksa pada bagian atap yang mana yang bocor. Ini adalah pekerjaan yang tidak semudah yang ada bayangkan. Terkadang tempat jatuhnya tetesan air di lantai tidak serta merta menunjukkan di mana sumber kebocoran berada. Jika melakukan pengecekan, lebih baik anda melakukannya pada siang hari, dan mematikan aliran listrik. Jika sudah menemui sumber kebocoran, barulah anda harus memperbaikinya.

teknikbangunandotcom2
Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor (Sumber : jualrumahjakarta.com)

Apabila atap anda terbuat dari beton, asbes, atau sirap, anda dapat menambalnya dengan memberi kawat kasa dan waterproof. Jika kebocoran terjadi pada dag beton, anda bisa memplester atau melapisi bagian yang dicurigai menimbulkan kebocoran tersebut dengan semen. Tetapi jika penyebab kebocoran adalah karena adanya genteng yang bergeser, maka yang perlu dilakukan adalah memperbaiki posisinya. Jika pecah, anda harus menggantinya dengan genteng yang baru. Jangan lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak karena terkena air yang bocor. Jangan biarkan plafon lembab, sebab bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal, misalnya mengakibatkan plafon menjadi roboh. Untuk mengurangi penyerapan panas dan mengurangi kerusakan karena air hujan, aluminium foil dengan ukuran 1-2 mm dapat dijadikan pelapis di antara plafon dan genteng.