Properti dan hiasan yang ada di dalam rumah sangat beraneka ragam bentuk dan bahan dasarnya. Mulai dari yang berbentuk besar sampai yang kecil, yang simpel sampai yang sangat rumit dan detail, bahkan ada juga yang sangat mudah ditemui sampai yang antik dan sudah tua. Bahan dasar pembuatan perabotan dan properti di rumah juga bermacam-macam, mulai dari kayu, rotan, sofa, sampai besi, beton, garmen, dll. Cara perawatan dari kesemua perabotan tersebut tentunya berbeda-beda tergantung dari bahan pembuatannya.

furniture-rotan-jakarta-minimalis-modern
Merawat Properti dari Rotan

Jika anda tahu, properti dari rotan sangat sering menjadi andalan penghias rumah. Kemungkinan penyebabnya adalah nilai artistik dari anyaman, dan keunikan yang disuguhkan. Tetapi tidak banyak orang yang tahu tentang cara untuk merawatnya, agar selalu berkondisi baik dan baru. Lalu bagaimana trik untuk membersihkan perabot yang terbuat dari rotan?

bersihkanrotan-header
Merawat Properti dari Rotan

Struktur furnitur rotan biasanya terdiri dari anyaman dengan detail celah yang sempit. Pada celah inilah biasanya debu akan bersarang, sehingga membuat furnitur menjadi kusam. Cara paling praktis yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan penghisap debu yang ujungnya berbulu. Perlu diingat bahwa jangan pernah menekan permukaan furnitur terlalu keras karena bisa mengakibatkan anyaman menjadi tergores atau bahkan lepas. Jika penghisap debu dirasa kurang efektif dan anda merasa kurang puas dengan detail rotan yang belum bersih, anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela furniture rotan. Pastikan sikat gigi yang digunakan masih memiliki bulu yang bagus.

536c5944-4828-4771-86c7-79c4ca2ba9b3
Merawat Properti dari Rotan

Biasanya akan timbul serabut pada anyaman rotan dari furnitur kayu yang sudah tua. Disadari atau tidak, Anda mungkin pernah mencabut bagian yang terkelupas tersebut. Jika pernah melakukannya, sebaiknya jangan dilakukan lagi karena nantinya akan merusak bagian yang lain. Cara paling tepat untuk dilakukan yaitu dengan menggunting atau memotong serat yang mengelupas mulai dari pangkalnya. Jika ingin mencucinya, anda bisa menggunakan detergen. Bubuk detergen atau sabun cuci piring akan sangat efektif untuk membersihkan furnitur rotan sintetis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan detergen pada beberapa bagian furnitur. Selanjutnya, semprot furnitur dan bilas sampai semua sisa sabunnya hilang. Pada furnitur rotan alami, cukup gunakan kain yang dibasahi menggunakan air detergen. Langkah selanjutnya, yaitu lap seluruh bagian furnitur. Perlu diperhatikan bahwa kain jangan dalam keadaan terlalu basah.

57fb0d62a5a1b0-87259479
Merawat Properti dari Rotan

Jika sudah selesai mencucinya, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah mengeringkan furniture tersebut sampai kering dengan sempurna. Hal ini sangatlah penting karena rotan sangat berpotensi terkena jamur akibat lembap. Anda dapat menggunakan sinar matahari, kipas angin, atau bahkan pengering rambut untuk mengeringkannya.

Anda juga harus melakukan pembasmian rayap yang dapat membuat rotan cepat keropos. And abisa menggunakan kapur barus, dengan mencairkan dan menyemprotkannya ke furniture rotan, rayap tidak akan pernah datang dan merusak konstruksi rotan anda. Jika anda perlu membuat tampilan warna rotan menjadi sedia kala, anda dapat melapisinya menggunakan wax atau melamik. Caranya mudah, cukup semprotkan kedua bahan tersebut ke seluruh permukaan furnitur. Alhasil, rotan anda akan terlihat sangat indah dan kembali seperti baru.