Kamar mandi adalah bagian rumah yang harus paling sering dibersihkan daripada tempat lainnya. Tempatnya yang selalu basah dan lembab akan menjadi sarang kuman dan penyakit jika tidak rajin dibersihkan. Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu membersihkan kamar mandi setiap paginya. Keuntungan kamar mandi yang bersih selain dengan berkurangnya potensi kuman dan bakteri bersarang, adalah kenyamanan orang yang sedang mandi.

Nah, di artikel ini akan dibahas bagaimana cara jitu membersihkan kamar mandi yang dapat kalian aplikasikan di kamar mandi kalian masing-masing.

Shower dan Bak Mandi

Biasanya kalian akan menemukan kerak pada bagian kamar mandi yang sering dialiri air, termasuk shower dan bak mandi. Cara membersihkannya sangat mudah, kalian bisa menghilangkan kerak tersebut dengan cairan pembersih. Untuk shower, kalian bisa menutupnya dengan cairan pembersih dahulu, sebelum dibilas atau disikat lagi. Selain cairan pembersih, kalian bisa menggunakan campuran cuka putih dan baking soda. Cara membersihkannya juga sama, didiamkan dulu, kemudian dibilas atau disikat dengan bersih.

irenovasicom
Sumber : irenovasi.com

Kalau untuk bak mandi, selain menggosoknya seperti bagian lain diatas, kalian perlu membersihkannya dengan lebih giat. Untuk mengurasnya, kalian dianjurkan menggunakan air panas agar kerak bisa lebih melunak, sebelum disikat dengan cairan pembersih.

Lantai dan Dinding Keramik

Banyak kasus orang terpeleset di kamar mandi adalah karena lantai kamar mandi sangat licin. Kelicinan ini disebabkan karena lantai sangat jarang digosok dan dibersihkan. Padahal, permukaan lantai yang kerap kali basah dan sering diberi cairan pembersih berbahan kimia membuat nat keramik rentan kotor dan pecah.

ciricaracom
Sumber : ciricara.com

Sementara untuk bagian keramik yang ada di lantai dan dinding, kalian bisa menyemprotkan pembersih serbaguna. Isi bak mandi dengan air panas untuk membuat uap air bercampur dengan cairan pembersih. Biarkan selama 20 menit, kemudian lap menggunakan lap bersih atau mikrofiber. Bagian lantai juga perlu di lap setelah dinding selesai dibersihkan.

Toilet

Kalian bisa menggunakan baking soda lagi untuk membersihkan toilet. Tuangkan baking soda di lubang toilet, diamkan beberapa menit, dan mulailah menggosoknya. Noda yang tadinya menempel akan langsung hilang. Jika noda membandel, kalian bisa menggunakan batu apung basah untuk digosokkan di noda membandel tersebut.

Cleaning Bathroom
Sumber : cleanipedia.com

Wastafel

Membuat wastafel menjadi bersih caranya sama dengan membersihkan lubang toilet. Tuangkan cuka putih atau baking soda ke seluruh permukaan wastafel hingga ke dalam saringan air, kemudian bilas dengan air panas. Untuk keran air, bersihkan dengan tisu basah desinfektan yang bisa mengangkat bakteri.

lifestyleliputan6com
Sumber : lifestyle.liputan6.com