Keadaan rumah yang bersih akan membuat penghuninya menjadi nyaman dan betah di dalam rumah. Tetapi terkadang ada banyak faktor dari dalam rumah yang membuat penghuninya sendiri tidak terlalu betah untuk tinggal berlama-lama di dalam rumah, salah satunya adalah kebersihan rumah itu sendiri. Kebersihan rumah juga akan membuat kuman dan bakteri tidak tinggal di perabotan atau barang-barang rumah, dan mendukung kenyamanan dan kesehatan semua penghuninya.

Nah, ternyata dari sekian banyak perabotan dan benda-benda yang ada di rumah, ada beberapa benda yang sangat wajib untuk dibersihkan setiap hari. Apa saja sih benda yang wajib dibersihkan setiap hari?

Lap/Kain Handuk Pembersih

Lap Dapur, Lap Perabotan, dan handuk kecil yang biasanya digunakan untuk membersihkan rumah akan menyimpan banyak kuman dan bakteri. Nah, karena lap ini sering digunakan lebih dari satu kali, maka sehingga penyebaran kuman dan bakteri lebih cepat terjadi. Jadi, sebaiknya cucilah handuk kecil atau lap di dapur kalian setiap hari untuk mencegah menyebarnya bakteri jahat penyebab penyakit.

tokopediacom
Sumber : tokopedia.com

Kunci

Seperti yang sudah sering kita lihat di iklan televisi, benda-benda yang bersentuhan langsung dengan tangan manusia (yang kadang mengandung banyak kotoran) harus dicuci. Salah satunya adalah kunci, baik itu kunci rumah, kamar, ataupun kunci kendaraan. Apalagi terkadang kunci akan jatuh di tanah, atau tempat lain yang penuh dengan bakteri. Cobalah membersihkan semua kunci dengan tisu atau cairan antiseptik untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri.

tokopediacom2
Sumber : tokopedia.com

Spons Cuci Piring

Hal simpel seperti spons juga ternyata harus diperhatikan kebersihannya. Spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring kotor ternyata juga dapat menjadi benda yang harusnya selalu dibersihkan setiap hari. Cara terbaik untuk mensterilkan spons adalah dengan menggunakan microwave. Cukup cuci spons dengan bersih, kemudian masukkan spons basah ke dalam microwave selama 1-2 menit dengan daya rendah. Pastikan segera mematikan microwave bila timbul asap. Spons akan keluar dengan kondisi yang bersih dari kuman.

bukalapakcom
Sumber : bukalapak.com

Talenan

Talenan yang setiap pagi digunakan tentunya akan menyimpan banyak bakteri. Jika kalian menggunakan talenan yang terbuat dari kayu, rendam dalam campuran cuka dan air dengan perbandingan 1 : 1 selama beberapa menit sehabis memasak. Trik ini akan membantu membunuh bakteri dan jamur pada permukaan talenan. Cara simpelnya, pastikan setelah dipakai, talenan dicuci dengan bersih, sehingga bisa disimpan tanpa menyimpan kuman atau bakteri.

suryakitchen
Sumber : suryakitchen.com

Sebenarnya tidak hanya empat hal tersebut yang harus diperhatikan kebersihannya, melainkan semuanya. Sehingga, tidak ada salahnya untuk kalian selalu memperhatikan kebersihan dari setiap perabot dan benda-benda yang ada di dalam rumah.