Kehidupan di kos memanglah sulit untuk diatur. Kebebasan saat di kos terkadang malah membuat kita lupa terhadap kesehatan diri sendiri. Karenanya, saat ini banyak sekali anak kos yang sakit – sakitan. Kalau sudah sakit, siapa lagi yang akan merawat kalau tidak diri sendiri. Agar kamu tidak menyesal karena gampang sakit, ada baiknya kamu menyimak ulasan berikut ini.

1. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup | http://bebeclub.co.id/
Istirahat Cukup | http://bebeclub.co.id/

 

Menjadi anak kos memanglah memiliki kebebasan yang tak terbatas. Namun bukan berarti kamu boleh begadang tidak tidur setiap harinya. Kamu perlu memperhatikan kesehatan kamu juga. Tidur dan istirahat yang cukup merupakan solusi paling tepat. Demi memanjakan kesehatan tubuh kamu, setidaknya beristirahatlah >6 Jam dalam sehari.

2. Perhatikan Aktivitas

Perhatikan Aktivitas | blog.bukalapak.com
Perhatikan Aktivitas | blog.bukalapak.com

Setiap orang pasti memiliki aktivitas tersendiri. Namun apakah aktivitas yang kamu lakukan saat ini sudah menyesuaikan kondisi tubuh kamu. Jangan sampai aktivitas yang begitu padat malah menjadi beban hidup yang berat. Namun, jangan sampai kamu tidak melakukan aktivitas apapun seharian. Malas beraktivitas juga tidak baik bagi tubuh kamu. Hal yang paling tepat adalah beraktivitas secukupnya.

3. Atur Pola Makan

Atur Pola Makan | www.carajadikaya.com
Atur Pola Makan | www.carajadikaya.com

Pola makan menjadi permasalahan besar bagi anak kos. Entah karena malas atau terlalu menghemat, mereka bahkan berani tidak makan seharian. Terkadang mereka juga terlalu asik bermain game dan mengerjakan tugas hingga lupa makan. Penyakit maag sudah menjadi momok yang umum bagi anak kos. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperhatikan pola makan. Pola makan yang baik memberikan tubuh yang sehat.

4. Lakukan Cek Kesehatan

Lakukan Cek Kesehatan | http://www.prodia.co.id/
Lakukan Cek Kesehatan | http://www.prodia.co.id/

Terkadang anak kos terlalu menyepelekan kondisi tubuhnya. Sampai – sampai tidak sadar kalau ia sudah benar – benar tidak kuat untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Tak perlu menunggu lama untuk kedokter apabila kamu mengeluhkan sesuatu. Atau setidaknya rawatlah diri sendiri dengan memberikan tubuhmu obat yang sesuai di apotik.

5. Konsumsi Vitamin

Konsumsi Vitamin | halallifestyle.id
Konsumsi Vitamin | halallifestyle.id

Apabila perlu, kamu juga pantas – pantas saja untuk mengkonsumsi vitamin maupun suplemen. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen secara teratur akan memperkuat kekebalan tubuh kamu. Selain itu biasakan membeli makanan sehat yang memiliki kandungan banyak vitamin dan gizi yang baik bagi tubuh.

 

Nah, itu dia cara – cara agar kamu para anak kos tidak mudah sakit. Ayo, jaga kesehatan dengan baik dengan pola hidup sehat. Hidup anak Kos!