Ruang Tamu adalah ruangan yang wajib ada di setiap rumah. Bagi anda yang sedang ingin membangun rumah, pasti anda sudah memikirkan bagaimana bentuk dan rupa ruang tamu anda ketika sudah jadi besok. Di ruang tamu, anda akn menjamu orang yang bertandang atau berkunjung, mereka antara lain adalah saudara, relasi, ataupun teman dan sahabat anda sendiri. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya anda memperhatikan ruang tamu anda, baik dari sisi tampilan, maupun dari sisi kenyamanannya. Tidak muluk-muluk, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah barang-barang yang wajib ada di ruang tamu anda. Tanpa barang-barang khas ruang tamu, kenyamanan dalam menjamu orang-orang yang berkunjung terasa kurang, bahkan tidak ada sama sekali. Lalu apa saja barang-barang atau perabot yang penting ada di ruang tamu anda?

Penyejuk Ruangan

meja-kursi-ruang-tamu-apartemen
Barang Wajib di Ruang Tamu

Barang ini bisa disesuaikan dengan cuaca dan kondisi lingkungan rumah anda. Ruang tamu biar terkesan nyaman, isilah dengan pendingin atau penyejuk ruangan, seperti AC atau kipas angin. Tidak perlu terlalu dingin, yang penting ruangan nyaman, tidak terasa panas dan tamu yang datang betah untuk mengobrol ataupun mendiskusikan hal penting. Dinginnya ruangan yang bisa menyejukkan hati dan pikiran juga bisa menjadi terapi bagi tuan rumah atau orang yang sedang bertamu, sehingga kesehatan jiwa raga pun terperhatikan di ruang tamu.

 

Tempat Duduk yang Nyaman

tempat-duduk
Barang Wajib di Ruang Tamu

Nah, anda pasti setuju dengan point ini, bahwa tempat duduk di ruang tamu haruslah tempat duduk yang nyaman. Mengapa? Banyak jenis tempat duduk, seperti kursi atau sofa, sesuaikan dengan situasi dan kondisi ruang tamu. Anda juga bisa hanya membentangkan karpet di ruang tamu, sesuai dengan desain ruangan. Sesuaikan juga dengan besar-kecilnya ruangan agar tempat duduk yang kita letakkan di ruang tamu tidak membuat kesan ruangan penuh sesak. Hal yang utama adalah tamu yang datang merasakan suasana nyaman karena mereka bisa duduk dengan tenang dan menikmati hidangan yang ada, atau merasakan pengalaman berkesan setelah bertamu di rumah Anda.

Pengharum Ruangan

151104063ruangtamu-oke
Barang Wajib di Ruang Tamu

Beberapa orang memilih tidak ada wangi-wangian di rumah atau terkhusus di ruang tamu, tetapi ada juga yang wajib menggunakannya. Supaya tamu-tamu yang berkunjung ke rumah anda terasa lebih nyaman, jangan lupa letakkan pengharum ruangan. Tujuannya adalah tentu untuk mengusir atau menghilangkan bau yang tidak sedap, dan membuat pikiran terkesan rileks karena harum wewangian itu. Pilihlah pengharum ruangan yang sesuai dengan karakter Anda dan keluarga sehingga ruang yang khusus untuk tamu, juga bisa dinikmati tuan rumah di saat tidak ada orang yang berkunjung.

Lampu

lampu
Barang Wajib di Ruang Tamu

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan untuk ruang tamu anda adlaah lampu atau pencahayaan. Oleh karena itu, anda harus benar-benar mengatur pencahayaan untuk ruang tamu anda, jangan terlalu terang, dan jangan pula terlalu redup. Cahaya yang ada di ruang tamu, selain untuk menerangi ruangan agar tidak gelap, juga bisa menumbuhkan semangat ketika mengobrol atau sedang membicarakan hal yang penting, baik itu urusan keluarga maupun bisnis. Pilihlah lampu yang hemat energi agar Anda juga bisa menghemat pengeluaran di zaman gaya hidup yang semakin menuntut kita untuk mencukupi banyak kebutuhan.

Hiasan untuk Ruang Tamu

b031
Barang Wajib di Ruang Tamu

Hal terakhir yang juga wajib ada di ruangan tamu anda adalah hiasan. Anda bisa mencoba menambahkan hiasan-hiasan dinding atau aksesori lain yang menambah cantik ruang tamu. Tidak perlu terlalu semarak atau terkesan ramai, yang penting ruang tamu kelihatan cantik dan elegan. Sesuaikan hiasan untuk ruang tamu dengan karakter Anda supaya inspirasi untuk berkarya juga bisa muncul dari ruang tamu Anda. Sekali lagi, soal harga, perhatikan sesuai dengan isi kantong Anda. Jangan hanya karena gengsi atau ingin dipandang bergaya hidup modern, Anda menghiasi ruang tamu secara berlebihan. Belajar bijaklah juga melalui cara Anda menata ruang tamu dan mendandaninya dengan rendah hati. Semoga tamu-tamu Anda puas dan terkesan setelah berkunjung ke rumah Anda.