Ribet mau pindah kos? Atau kamu adalah calon mahasiswa atau calon perantau? Kamu masih bingung mau bawa barang-barang apa saja ke kos baru kamu?

Nah, buat kamu yang baru pertama kali akan menjadi anak kos, maka kamu harus banyak tahu tentang barang-barang apa saja sih yang dibutuhkan di kos. Beberapa di antaramu mungkin bingung memilih barang-barang apa saja yang menjadi prioritas untuk masuk ke kamar. Ada yang hanya memikirkan barang-barang yang besar-besar saja seperti lemari, tempat tidur, meja belajar atau kursi. Akibatnya, barang-barang kecil terlupa untuk dibeli dan dilengkapi.

Saat sibuk memilih-milih barang untuk kamar kos, jangan sampai lupa benda-benda kecil untuk kamar kosmu. Meski ukurannya kecil, tapi manfaatnya cukup besar, sama besarnya dengan tempat tidur, lemari atau meja belajarmu. Nah, apa saja sih barang-barang yang sangat dianjurkan  ada di kamar kos kamu?

berkuliahcom
Alat Wajib di Kos (Sumber : berkuliah.com)

Alat Makan

Piring, sendok, garpu, gelas. Itu alat makan yang minimal harus ada di kamar kosmu. Walaupun biasanya anak kos akan banyak makan di luar, kamu tetap harus menyediakan alat-alat makan di kamar kos. Jangan lupa untuk memberi tanda bahwa alat-alat tersebut adalah milikmu, agar tidak tertukar dengan anak kos yang lain.

Obat-obatan P3K

Kos benar-benar membuatmu menjadi mandiri. Apapun sebisa mungkin harus dilakukan sendiri. Salah satu yang wajib ada di kamarmu adalah Kotak P3K. Setidaknya kamu harus menyediakan obat merah, gunting, perban, alkohol, obat sakit perut, obat demam, minyak angin ataupun obat lainnya. Suatu saat kamu sakit, tentu membutuhkan benda-benda itu. Kamu tidak perlu langsung ke apotik atau ke dokter jika ada luka atau sakit yang bisa diobati sendiri.

pesanlabcom
Alat Wajib di Kos (Sumber : pesanlab.com)

Alat Jahit?

Sebagian orang kos akan membawa alat jahit ke kosnya. Mengapa? Apa fungsinya? Alat-alat ini akan sangat bermanfaat ketika ada kancing baju kamu yang lepas, atau jahitan celana kamu ada yang sobek. Tidak perlu khawatir, dengan kejelian dan kesabaran, kamu bisa menjahitnya sendiri tanpa harus membayar jasa tukang jahit.

Setrika

Walaupun menggunakan jasa Laundry, kamu tetap harus menyediakan setrika di kos kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ada baju atau celana kamu yang ternyata tidak rapih, atau lusuh. Tinggal colok setrika, maka kamu bisa membuat baju atau celanamu halus kembali.

Alat Wajib di Kos (Sumber : rumahidaman.co.id)

Seprei dan Sarung Bantal Guling

Siapkanlah seprai dan sarung bantal lebih dari satu agar kamu bisa mengganti yang kotor lebih teratur. Jika ibu kos telah menyiapkan seprai dan sarung bantal, tak ada salahnya membawa seprai dan sarung bantal sebagai cadangan.

Alat Mandi

Perlengkapan mandi boleh jadi adalah barang yang sangat pribadi. Kalau kamu harus berbagi kamar mandi, maka pastikan kamu tak berbagi perlengkapan mandi seperti gayung, sikat gigi, alat cukur dan sandal jepit. Bawalah selalu perlengkapan mandimu ke kamar sehabis mandi agar tak digunakan penghuni kamar lain.

Sebenarnya masih ada banyak lagi alat-alat simpel yang ternyata sangat kamu butuhkan di kos barumu, misalnya kipas angin untuk mengantisipasi kondisi kamar yang gerah, hiburan seperti radio atau televisi, dan mungkin juga foto-foto keluarga atau pacarmu, agar kamu tidak merasa sendiri di kamar. Pada dasarnya, semua barang-barang yang harus kamu bawa ke kos harus menunjang kenyamananmu tinggal disana.