Bagaimana Membuat Surat Kuasa Ahli Waris Taspen – Apa sih pengertian taspen?. Taspen atau tabungan dan asuransi pensiun Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil.

Apa Itu Taspen ?

Jadi, Taspen adalah singkatan dari Dana Tabungan dan asuransi Pegawai Negeri. Program taspen sendiri meliliki beberapa manfaat loh. Yaitu, pensiun adalah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tabungan adalah suatau tabungan asuransi, yang terdiri dari asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan asuransi kematian.

Nah dalam hal ini tidak jarang dari mereka para pensiunan sudah menyiapkan surat-surat mengenai ahli waris untuk penerusnya. Tujuannya agara segala suatu yang diterima nantinya dapat dipercayai dan berguna bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa itu Ahli Waris ?

Bagaimana Membuat Surat Kuasa Ahli Waris Taspen
Bagaimana Membuat Surat Kuasa Ahli Waris Taspen | Image Source : Pexels.com

Ahli waris merupakan orang yang berhak menerima warisan dari orang yang sudah meninggal dunia. Biasanya karena adanya hubungan keluarga taupun karena pernikahan yang pembuktinya melalui surat keterangan ahli waris.

Sesudah pewaris meninggal dunia, harta peninggalan berupa rumah dan tanah akan beralih ke ahli waris yang terdiri satu orang atau lebih. Jika diingat kembali pengertiaan dari kuasa menunjuk kepada wewenang. Jadi, pemberi kuasa memiliki arti melimpahkan wewenang kepada penerima kuasa untuk mewakili kepentingannya. Sehingga, surat ini lebih mempermudah jika nantinya akan ada penjualan rumah atau tanah. Maka nanti hasilnya akan dibagi kepada ahli waris sesuai dengan ketentuan baik secara hukum adat, perdata atau agama.

Selanjutnya pasti akan bertanya-tanya mengenai bagaimana isi dan penulisan surat kuasa ahli waris yang digunakan seandainya akan menjual rumah atau tanah. Surat kuasa ahli waris merupakan pelimpahan hak, tanggung jawab dan tugas kepada pihak lain untuk mengurus warisan dari ahli waris. Surat tersebut memberikan hak kepada pemberi kuasa untuk melakukan sesuatu kepada warisan berdasarkan apa yang tertulis dalam surat kuasa tersebut. Dipergunakan adalah surat yang berjenis umum, bukan surat yang istimewa.

Tata Cara Penulisan Surat Kuasa Ahli Waris Taspen

Dalam surat kuasa ini ada beberpa hal yang harus diperhatikan dan harus tercantum didalam surat, yaitu :

  1. Nama serta identitas yang lengkap dari pewaris yang memberikan kuasa.
  2. Nama serta identitas lengkap dari orang yang diberi kuasa.
  3. Deskripsikan kuasa apa saja yang diberikan serta tulis dengan tegas dan jelas seperti penjualan rumah atau tanah dan yang lainnya.
  4. Deskripsi mengenai jenis harta kekayaan yang nantinya akan dikuasai oleh pengurusnya. Hal ini harus ditulis dengan tegas dan jelas (contohnya seperti luas tanah atau luas rumah)
  5. Tanggal sert tempat dimana menandatangani surat.
  6. Jangan lupakan yang terpenting adalah tanda tangan si pemberi kuasa.

 

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen

contoh surat ahli wari taspen

Contoh diatas merupakan contoh surat yang digunakan pada Taspen Banjarmasin. Pengurusan surat ini harus menggunaka surat resmi yang bisa diperoleh di kantor Taspen seluruh Indonesia.

Sekian Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen Yang Baik dan Benar dari kami. Semoga dapat bermafaat dan semoga dapet membantu anda yang berkenginan mengurus surat ahli waris. Termikasih.