Biasanya, orang merasa malas membersihkan rumah secara rutin. Alasannya mungkin karena sudah sibuk seharian dengan pekerjaan masing-masing. Ada juga yang beralasan karena rumah dihuni sendiri dan keluarga, jadi biarkan saja begitu. Asal terlihat bersih saja, dan niat untuk bersih-bersih pasti tidak ada. Ketika akhir pekan? Keluarga yang sudah sibuk masing-masing di hari kerja pasti akan memanfaatkan akhir pekannya dengan berlibur atau bersenang-senang, intinya melepas lelah dan penat selama seminggu yang sudah berjalan. Nah, itulah yang mengakibatkan rumah jadi tidak tersentuh. Rumah akan dibiarkan berantakan, kotor, dan akhirnya akan ada banyak kerugian.

Apa saja ya kerugian jika kamu membuat kondisi rumah terbengkalai, tidak dibersihkan secara rutin, dan tidak merapikannya secara berkala?

behaccom
Membuat Rumah Menjadi Nyaman (Sumber : behac.com)

Buang-buang Waktu

Jika ruangan tidak terorganisir, sewaktu kamu akan mencari sebuah benda kecil yang sedang diperlukan, mungkin kamu harus membutuhkan banyak waktu untuk menemukannya. Misalnya gunting, selotip, dan alat-alat lainnya. Hal itu dikarenakan kamu sendiri sudah lupa meletakkan barang-barang tersebut dimana. Belum lagi kalau semua barang ditumpuk-tumpuk dengan barang lain, kamu akan sangat membuang banyak waktu hanya untuk mencari satu barang kecil saja.

Masih karena barang yang berantakan, kadang kamu menyerah menemukan barang yang dicari dan memutuskan untuk membeli yang baru. Padahal, jika kamu mau membereskan rumah, barang dicari bisa jadi hanya terselip. Jadinya bikin boros, kan.

Tidak Nyaman di Rumah Sendiri

Point penting ketika kamu tidak mengatur barang-barang di dalam rumah adalah menggangu kenyamanan. Kamu dan keluarga akan merasa bosan dan tidak nyaman berada di rumah yang terus-terusan berantakan. Kamu dan keluarga akan banyak menghabiskan waktu di luar rumah, dan tidak menghargai rumah sebagai tempat yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk semua anggota keluarga.

ayeeycom
Membuat Rumah Menjadi Nyaman (Sumber : ayeey.com)

Cedera? Sakit?

Karena ada banyak barang yang tidak terorganisir, sudah berapa kali kamu tersandung? Sudah berapa kali kamu kejatuhan barang dari rak? Nah itulah akibatnya jika kamu tidak menyimpan barang-barang tersebut ke dalam wadah yang aman. Belum lagi barang-barang yang ternyata menyimpan bibit penyakit ketika kamu malas membersihkannya, botol, karpet, dll. Akhirnya, akan timbul bibit penyakit yang menyerang keluargamu.

babatpostcom
Membuat Rumah Menjadi Nyaman (Sumber : babatpos.com)

Stress

Tentunya, ketika kamu dan sekeluarga sudah seharian bekerja di kantor, sibuk dengan kesibukan masing-masing, maka pulang ke rumah adalah menjadi cara untuk membuat semua kesibukan dan kesuntukan cair. Seharusnya ketika sudah dirumah, keluarga akan bersantai, bercanda bersama, dan lainnya. Bayangkan bila saat kamu ingin melepas lelah sambil menonton televisi, namun remote televisi tidak ketemu. Atau saat kamu ingin merasakan suasana yang sejuk di dalam kamar, remote AC entah kemana.

Kondisi rumah yang berantakan dan tidak teratur malah akan membuat kamu dan keluarga menjadi stress dan tidak nyaman berada di dalam rumah. Bukannya istirahat, yang didapatkan adalah saling berpikiran negatif, tidak santai, dan rumah bukan lagi menjadi hunian yang menyatukan keluarga.