Usaha sampingan biasanya paling banyak diburu oleh anak kos. Kegiatan yang sibuk namun kebutuhan yang banyak memberikan dorongan pada anak kos untuk mencari peluang usaha sampingan. Ada beberapa usaha sampingan yang biasanya dilakukan oleh anak kos. Berikut adalah ulasan mengenai usaha sampingan yang digemari anak kos!

1. Bisnis Online

Bisnis Online | http://probisnis.com/
Bisnis Online | http://probisnis.com/

Siapa yang tidak kenal bisnis online? Para anak kos sudah mengenal betul mengenai hal yang satu ini. Dengan memposisikan diri menjadi seorang reseller maupun dropshiper mereka mendapatkan sejumlah uang. Bisnis online ini banyak dipilih oleh anak kos karena sangat mudah serta tak banyak memakan waktu. Kamu hanya burmodalkan beberapa alat yang mendukung seperti posel android dan koneksi internetnya. Apabila kamu ingin mulai terjun ke dunia bisnis online, ada baiknya kamu paham tentang sistemnya ya.

2. Desain Grafis

Desain Grafis | http://www.majalahdesain.com
Desain Grafis | http://www.majalahdesain.com

Nah, kalo usaha sampingan yang satu ini paling banyak digemari oleh mereka yang punya hobi dengan desain-desain grafis. Melalu desain, kamu bisa menawarkan jasamu untuk desain logo, banner, editing foto, dan sebagainya. Jadi kalau kamu punya bakat di bidang yang satu ini jangan kamu sia-siakan ya.

3. Fotografer

Fotografer | http://akcdn.detik.net.id
Fotografer | http://akcdn.detik.net.id

Kalau yang satu ini cocok banget sama kamu yang punya hobi fotografi. Kamu bisa mengambil job ini diberbagai event mulai dari seminar, pernikahan, hingga berbagai acara formal lainnya. Kamu bisa siapan kartu nama kamu sebgai fotografer dan ikut gabung di komunitas-komunitas pecinta fotografi. Mulai dari situ kamu akan dapat banyak job lho.

4. Guru Les

Guru Les | http://www.lesprivatzenith.com/
Guru Les | http://www.lesprivatzenith.com/

Kamu udah terlahir pintar atau miliki bakat mengajar? Coba deh jadi guru les atau pembimbing belajar. Kalau kamu suka berbagi ilmu, peluang usaha sampingan yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Biasanya kamu bisa berbagai ilmu dengan mereka dibidang eksakta bahkan sampai agama (mengajar mengaji). Kamu bisa mulai mengajari anak-anak SD hingga SMA. Banyak yang akan kamu dapatkan ketika mengajarkan dan berbagi ilmu lho. Bagimana, kamu minat untuk menjadi guru les?

5. Ojek Online

Ojek Online | http://cms.kabar3.com
Ojek Online | http://cms.kabar3.com

Ini pekerjaan baru yang lagi nge-tren di kalangan anak kos. Buat kamu yang suka mondar-mandir dan mahir dalam berkendara, usaha sampingan ojek online menjadi pilihan yang sangat tepat. Dengan bermodalkan surat-surat lengkap dan sepedah motor kamu sudah bisa bekerja menjadi ojek onile. Peluang usaha yang satu ini memiliki penghasilan yang cukup memuaskan, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah perharinya.

6. Event Organizer (EO)

Event Organizer (EO) | http://1.bp.blogspot.com
Event Organizer (EO) | http://1.bp.blogspot.com

Event Organizer merupakan bisnis yang bisa juga dikerjakan oleh anak kos. Menjadi event organizer berarti kamu harus pandai-pandai dalam manajemen waktu, manajemen keuangan, dan manajemen-manajemen lainnya. Kamu akan belajar menganai leadership melalui usaha sampingan EO. EO juga merupakan usaha yang termasuk dalam ilmu terapan lho, jadi kamu pasti belajar banyak saat bergabung menjadi EO.

7. Penulis Lepas

Penulis Lepas | http://blog.c2live.com
Penulis Lepas | http://blog.c2live.com

Buat kamu yang hobi menulis tapi bingung mencari wadah pelampiasannya, kamu bisa coba menjadi penulis lepas di berbagai media dan website. Kamu bisa bekerja sama dengan media yang mebutuhkan artikel, atau kamu juga bisa mencari situs-situs yang menerima tulisan dari penulis lepas. Kamu tidak perlu modal apapun, karena menjadi penulis lepas hanya bermodalkan skill dalam menulis dan memiliki laptop sebagai media dalam menuils.

 

Nah, itu dia beberapa usaha sampingan yang banyak digemari anak kos. Kamu paling suka yang mana? Atau malah kamu baru ingin mencoba?